Sepatu Pemain Piala Dunia Dibuat di Indonesia, Industri Banjir Pesanan

Nadya Zahira
25 November 2022, 19:48
Kiper Argentina Emiliano Martinez melihat bola ke gawang setelah Salem Al-Dawsari dari Arab Saudi mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 No
AP Photo/Ricardo Mazalan
Kiper Argentina Emiliano Martinez melihat bola ke gawang setelah Salem Al-Dawsari dari Arab Saudi mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.

Industri alas kaki Indonesia banjir pesanan sepatu sepak bola berkat penyelenggaraan Piala Dunia di Qatar yang digelar sejak 20 November 2022. Pasalnya, Indonesia menjadi salah satu negara yang memproduksi sepatu bola edisi khusus piala dunia.

"Biasa kalau ada piala dunia kan suka ada edisi khusus ya. Sebelum piala dunia, memang ada penambahan order," kata Wakil Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia atau Aprisindo, Budiarto Tjandra, kepada Katadata.co.id, Jumat (25/11).

Dia mengatakan, Indonesia memproduksi sekitar 500 ribu sepatu sepak bola edisi khusus piala dunia. Pemesanan tersebut menambah produksi sepatu bola di Indonesia sekitar 10 hingga 20%. Sepatu-sepatu yang dipesan merupakan merek internasional ternama seperti Nike, Adidas, Puma dan lain sebagainya.

Selain atlet, sepatu khusus piala dunia tersebut juga dijual ke masyarakat umum di berbagai negara. Budiarto berharap pemesanan sepatu meningkat karena  banyak masyarakat yang terinspirasi dari para pemain bola di ajang Piala Dunia. Dengan demikian, industri alas kaki bisa bertahan di tengah pelemahan permintaan ekspor akibat ancaman resesi.

Tidak signifikan

Meskipun banjir pesanan sepatu bola, namun hal itu tidak berdampak pada industri alas kaki secara keseluruhan. Pasalnya, kontribusi sepatu bola tidak lebih dari 5% dari total ekspor industri alas kaki.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...