Indonesia Ternyata Pernah Jadi Eksportir Cip Semikonduktur

Tia Dwitiani Komalasari
8 Desember 2022, 17:18
Indonesia Ternyata Pernah Jadi Eksportir Cip Semikonduktur
Dokumentasi Kementerian Perindustrian
Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier.

Indonesia saat ini bergantung pada impor cip semikonduktor untuk memenuhi permintaan industri dalam negeri yang melonjak. Padahal, sebelumnya Indonesia merupakan negara produsen semikonduktor yang bahkan melakukan ekspor.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier mengatakan, Indonesia pernah memiliki pabrik semikonduktor pada 1986 silam. Sebagaian produknya diekspor dalam bentuk cip semikonduktor yang nilainya mencapai Rp 135 juta pada masa itu.

Kini, Indonesia tengah berupaya membangun kembali industri semikonduktor. Apalagi saat ini masuk era kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang membutuhkan bahan semikonduktor semakin besar.

"Butuh peta jalan 10-20 tahun ke depan tentang industri semikonduktor yang bisa mengisi kebutuhan dalam negeri,” kata Taufiek di Jakarta, Kamis (8/12).

Menurut dia, Kemenperin sedang menyiapkan pusat desain semikonduktor di Bandung, Jawa Barat. “Seluruh universitas dan akademisi akan masuk dalam skema ekosistem tersebut,” ujarnya.

Plt. Direktur Jenderal Industri Kimia Farmasi dan Tekstil Kemenperin, Ignatius Warsito, mengatakan bahwa industri semikonduktor menghasilkan komponen vital dari teknologi di tengah megatrend seperti remote working, kecerdasan buatan atau artificial intelligence dan kendaraan listrik atau electric vehicle.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...