Jelang Nataru, Tol Cisumdawu Beroperasi hingga Cimalaka

Nadya Zahira
9 Desember 2022, 13:09
Pekerja menggunakan alat berat menyelesaikan perbaikan badan Jalan Tol Cisumdawu di Sinarmulya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (7/11/2022).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.
Pekerja menggunakan alat berat menyelesaikan perbaikan badan Jalan Tol Cisumdawu di Sinarmulya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (7/11/2022).

Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan atau Cisumdawu seksi 2 dan seksi 3 mulai beroperasi jelang libur Natal Tahun Baru atau Nataru. Dengan demikian, jalan tol Cisumdawu yang sudah beroperasi terbentang dari gerbang tol Cileunyi hingga ke gerbang tol Cimalaka.

Jalan tol Cisumdawu terbagi menjadi enam seksi. Seksi 1 ruas Cileunyi - Pamulihan telah beroperasi sepenuhnya pada awal 2022. Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 4,8 km dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka akan beroperasi akhir 2022.

Sementara seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,2 km, seksi 5 Legok - Ujungjaya sepanjang 14,9 km, dan seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan masih dalam tahap konstruksi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan bahwa Kementerian PUPR memastikan  kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan untuk mendukung libur Nataru.

"Itu didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol beroperasi, termasuk jalan nasional dengan kondisi mantap," ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip Jumat (9/12).

Molor dari target

Sebelumnya, tol yang akan menjadi akses masuk ke Bandara Kertajati ini ditargetkan beroperasi penuh pada Januari 2022. Namun pembangunan konstruksi jalan bebas hambatan tersebut molor.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, mengatakan keterlambatan tersebut disebabkan oleh gerakan tanah yang cukup besar di ruas tol tersebut.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...