44,1 Juta Orang Akan Bepergian Saat Nataru, Jalur Pantura Tersibuk

Survey Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa sebanyak 44,17 juta orang Indonesia akan bepergian selama libur natal dan tahun baru atau nataru.
Tia Dwitiani Komalasari
13 Desember 2022, 12:19
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Jakarta - Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022).
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/tom.
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Jakarta - Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022).

Survey Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa sebanyak 44,17 juta orang Indonesia akan bepergian selama libur natal dan tahun baru atau nataru. Warga yang bepergian tersebut sebagian besar menggunakan mobil pribadi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan jumlah tersebut setara dengan 16,35% dari jumlah penduduk Indonesia.

"Angka tersebut naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun belum melebihi saat 2019 atau masa sebelum pandemi, kata Budi saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Selasa (13/12).

Berdasarkan data Kemenhub, jumlah orang bepergian pada 2019 mencapai 55% dari jumlah penduduk Indonesia.

Pantura jalur tersibuk

Budi mengatakan, penggunaan moda terbanyak masih menggunakan angkutan jalan total sekitar 67,95%. "Jalur yang paling banyak dilalui adalah Pantura atau pantai utara," ujar Budi.

Sebanyak 28,36% orang bepergian akan menggunakan kendaran pribadi. Sementara jumlah orang yang berpergian menggunakan motor cukup tinggi yaitu 16,475.

Masih menggunakan jalur darat, sebanyak 5,74% warga bepergian akan menggunakan mobil sewa dan 4,55% menggunakan mobil travel.

Sementara penggunaan transportasi umum paling banyak adalah menggunakan kereta api antar kota 13,42%, bus sebanyak 11,9%, dan pesawat 11,02%.

Sementara itu, Jalan tol Sayung-Demak sepanjang 16,31 kilometer akan dibuka fungsional jelang Natal dan tahun baru. Ruas yang termasuk tol Semarang-Demak seksi dua tersebut sudah melewati uji laik fungsi dan siap dilintasi kendaraan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan untuk mendukung libur natal dan tahun baru.

"Kesiapan tersebut didukung dengan bertambahnya ruas jalan tol beroperasi, termasuk jalan nasional dengan kondisi mantap," ujarnya dikutip dari keterangan terltulis di laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol. Senin (12/12).

Total sepuluh jalan tol baru akan dibuka jelang nataru. Berikut rinciannya seperti tertera dalam grafik:

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait