Tujuh Jalan Tol Baru di Jawa Akan Dibuka Jelang Nataru

Tia Dwitiani Komalasari
13 Desember 2022, 06:00
Kendaraan melintasi terowongan kembar di jalur fungsional Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Kendaraan melintasi terowongan kembar di jalur fungsional Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022).

Tujuh jalan tol baru dibuka untuk mendukung lalu lintas di Jawa saat libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2022-2023. Jalan bebas hambatan tersebut terdiri dari satu jalan tol yang siap beroperasi dan enam jalan tol yang dibuka fungsional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan untuk mendukung mobilisasi selama libur natal dan tahun baru.

"Itu didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol beroperasi dan jalan nasional dengan kondisi mantap," ujarnya melalui keterangan tertulis dikutip Senin (12/12).

Tujuh jalan tol di Jawa yang dibuka jelang nataru:

1. Jalan Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3

Berdasarkan Surat Dirjen Bina Marga No 0702-Db/1489 tentang Sertifikat Laik Operasi Bersyarat Jalan Tol Cisumdawu Seksi Pamulihan-Sumedang dan Seksi Sumedang-Cimalaka tertanggal 11 November 2022.

Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan atau Cisumdawu seksi 2 dan seksi 3 mulai beroperasi jelang libur Natal Tahun Baru atau Nataru. Ruas tol tersebut telah mendapatkan sertifikat Laik Operasi per tanggal 11 November 2022.

Dengan demikian, jalan tol Cisumdawu yang sudah beroperasi terbentang dari gerbang tol Cileunyi hingga ke gerbang tol Cimalaka.

Jalan tol Cisumdawu terbagi menjadi enam seksi. Seksi 1 ruas Cileunyi - Pamulihan telah beroperasi sepenuhnya pada awal 2022. Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 4,8 km dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka akan beroperasi akhir 2022.

Sementara seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,2 km, seksi 5 Legok - Ujungjaya sepanjang 14,9 km, dan seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan masih dalam tahap konstruksi.

2. Jalan Tol Semarang Demak

Jalan tol Sayung-Demak sepanjang 16,31 kilometer akan dibuka fungsional jelang Natal dan tahun baru. Ruas yang termasuk tol Semarang-Demak seksi dua tersebut sudah melewati uji laik fungsi dan siap dilintasi kendaraan.

Tol Semarang - Demak memiliki panjang 26,95 km yang dibangun dalam dua seksi. Seksi 1 yaitu ruas Semarang/Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 km dibiayai oleh APBN senilai Rp 10 triliun. Proyek ruas jalan tol tersebut ditargetkan selesai Januari 2023.

Sementara seksi dua yaitu ruas Sayung-Demak sepanjang 16,31 km. Proyek jalan tol ini melalui skema kerja sama Badan Usaha dengan Pemerintah atau KPBU dengan PT. Pembangunan Perumahan Semarang Demak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...