2 Orang Tewas Akibat Lokomotif Anjlok, Proyek Kereta Cepat Tetap Jalan

Tia Dwitiani Komalasari
19 Desember 2022, 14:00
Foto udara proses evakuasi bangkai kereta teknis yang mengalami kecelakaan di Campaka Mekar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (19/12/2022).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Foto udara proses evakuasi bangkai kereta teknis yang mengalami kecelakaan di Campaka Mekar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (19/12/2022).

Dua orang tewas akibat kecelakaan lokomotif kerja yang anjlok atau keluar jalur di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau KCJB. Menanggapi hal itu, Sekretaris Perusahaan KCIC, Rahadian Ratry mengatakan, bahwa proyek kereta cepat akan tetap berjalan. 

"Pembangunan stasiun dan pemasangan subsistem perkeretaapian di area KCJB tetap dilakukan sesuai prosedur dan jadwal yang telah ditetapkan. Termasuk pemasangan rel tanpa balas," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (19/12),

Dia mengatakan,  saat ini dua korban luka luka sudah mendapatkan perawatan di RS Santosa Bandung. Sementara 2 orang korban luka ringan sudah diperbolehkan pulang. Rahadian tidak memberikan tanggapannya ketika Katadata.co.id meminta konfirmasi soal korban tewas.

Menurut dia, peristiwa ttersebut terjadi pada 18 Desember 2022 sekitar pukul 17.00 WIB di desa Cempaka Mekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Kereta yang keluar jalur bukanlah rangkaian KCJB, tetapi berupa Lokomotif Kerja dan Mesin Pemasangan Rel atau  ballasted.

Rahadian mengatakan, proses evakuasi sudah berlangsung sejak Minggu malam dan masih berlangsung hingga pagi ini, Senin (19/12). PT KCIC melakukan koordinasi bersama dengan pihak terkait untuk menangani kejadian ini.

"PT KCIC mendukung penuh proses investigasi yang dilakukan pihak berwenang," kata dia.

Proses pembangunan di area kerja KCJB saat ini tetap berjalan. Pembangunan stasiun dan pemasangan subsistem perkeretaapian di area KCJB tetap dilakukan sesuai prosedur dan jadwal yang telah ditetapkan. Termasuk pemasangan rel tanpa balas.

"KCIC akan melakukan evaluasi menyeluruh atas SOP pemasangan rel, dan SOP Pekerjaan lainnya, serta memastikan segenap pekerjaan yang dilakukan kontraktor KCJB mengimplementasikan aspek Safety, Security, Health and Environment (SSHE) pada setiap aktivitas kerja," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...