KemenKopUKM Kerja Sama dengan Katadata untuk Program KUR Klaster

Tia Dwitiani Komalasari
22 Desember 2022, 21:44
Katadata turut berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dalam program KUR Klaster. Chief Content Officer Katadata, Heri Susanto menghadiri penyerahan KUR Klaster oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 19 Desember 2022.
Biro Pers Sekretariat Presiden
Katadata turut berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dalam program KUR Klaster. Chief Content Officer Katadata, Heri Susanto menghadiri penyerahan KUR Klaster oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 19 Desember 2022.

Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Katadata dalam melaksanakan program Kredit Usaha Rakyat atau KUR Klaster.

Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, mengatakan bahwa pihaknya mengajak sejumlah elemen masyarakat untuk berkolaborasi menyukseskan program KUR klaster. Katadata akan membantu diseminasi publik melalui pengadaan serial seminar atau webinar ekonomi kerakyatan.

"Kerja sama juga dilakukan dalam riset, dokumentasi, dan komunikasi beragam pilot project pengembangan UMKM berbasis KUR Klaster yang menjadi role model pengembangan UMKM di Indonesia dalam format artikel, video, dan buku," kata Teten melalui keterangan tertulis yang dikutip Kamis (22/12).

Selain bekerja sama dengan Katadata, KemenkopUKM akan menggandeng Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada atau Kafegama.

Kafegama akan berkontribusi mendukung penyaluran KUR Klaster, baik melalui dukungan konseptual, kajian akademis, maupun pendayagunaan jaringan alumni di berbagai lembaga/institusi, seperti Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

Apa Itu KUR Klaster?

Teten mengatakan bahwa program KUR Klaster memberikan beragam manfaat pendampingan bagi para pelaku UMKM sehingga meningkatkan peluang mereka untuk naik kelas ke skala usaha yang lebih tinggi.

Program ini memberikan peluang pembiayaan KUR kepada kelompok usaha dengan plafon hingga Rp500 juta per unit usaha.

Ia mengatakan, KemenkopUKM sedang melakukan percobaan di beberapa sektor sebagai bagian dari upaya memudahkan UMKM mengakses KUR. Hal itu sekaligus solusi bagi perbankan agar kredit tidak macet sehingga memudahkan perbankan melakukan proses monitoring.

“KUR Klaster memperkuat kemitraan UMKM dengan usaha besar, menempatkan UMKM bagian dari rantai pasok industri, sehingga bisa meningkatkan kemampuan manajemen usaha, meningkatkan kualitas produksi dan meningkatkan kapasitas usahanya atau naik kelas,” kata Teten.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...