Tarif Tol Jakarta-Cikampek Bakal Naik Tahun Ini

Nadya Zahira
9 Januari 2023, 19:21
Sejumlah kendaraan arah Cikampek melintas saat pemberlakuan "Contraflow" di ruas Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (24/12/2022). PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat sebanyak 965.760 kendaraan telah meninggalkan Jabodetabek sepanjang H-7 hingga
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.
Sejumlah kendaraan arah Cikampek melintas saat pemberlakuan "Contraflow" di ruas Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (24/12/2022). PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat sebanyak 965.760 kendaraan telah meninggalkan Jabodetabek sepanjang H-7 hingga H-2 Natal 2022.

PT Jasa Marga Persero Tbk atau JSMR melalui PT Jasamarga Transjawa Tol menyatakan tengah berencana untuk segera melakukan penyesuaian tarif pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek

VP Corporate Secretary and Legal Jasa Marga Trans Jawa Tol, Aldrin Maulana, mengatakan PT Jasamarga Transjawa Tol selaku Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT tol Jakarta-Cikampek masih melakukan pembahasan penyesuaian tarif jalan tol dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR.

Namun demikian, Aldrin belum bisa memastikan besaran dan jadwal diberlakukannya tarif tol baru itu. Pihaknya masih menunggu keputusan regulator yakni Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR.

“Untuk waktu dan nilai penyesuaian tarif tol Jakarta-Cikampek masih di BPJT dan Bina Marga,” ujarnya.

Mengutip dari laman bpjt.pu.go.id, perhitungan tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek menggunakan sistem terbuka. Adapun untuk tarif Tol Jakarta-Cikampek saat ini rinciannya sebagai berikut:

Wilayah 1 (Jakarta IC-Pondok Gede Barat/Pondok Gede Timur) Golongan I Rp 4.000, Golongan II dan III Rp 6.000, Golongan IV dan V Rp 8.000.

Wilayah 2 (Jakarta IC-Cikarang Barat) Golongan I Rp 7.000, Golongan II dan III Rp 10.500, Golongan IV dan V Rp 14.000.

Wilayah 3 (Jakarta IC-Karawang Barat) Golongan I Rp 12.000, Golongan II dan III Rp 18.000, Golongan IV dan V Rp 24.000.

Wilayah 4 (Jakarta IC-Cikampek) Golongan I Rp 20.000, Golongan II dan III Rp 30.000, Golongan IV dan V Rp 40.000.

 Aldrin mengatakan, PT Jasamarga Transjawa Tol telah melakukan pemeliharaan rutin tol Jakarta-Cikampek yang meliputi pemeliharaan drainase, rambu, marka, PJU dan parapet. Pemeliharaan periodik meliputi pemeliharaan expansion joint dan beton transisi ex-joint serta pemenuhan layanan operasional dengan penambahan CCTV, dan VMS.

Tak hanya itu, upaya lainnya dari peningkatan pelayanan tersebut juga dengan menyediakan kendaraan operasional seperti mobil patroli, derek dan ambulance. Selanjutnya pembangunan emergency plan meliputi emergency opening, emergency access (tangga darurat), emergency bay (parking bay) dan emergency exit.

Berikut daftar tol yang telah beroperasi dan juga dibuka fungsional sejak akhir Desember 2022, seperti tertera dalam grafik:

 

 

 

Reporter: Nadya Zahira
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait