Wapres Soroti Surplus Beras yang Turun Setiap Tahunnya

Tia Dwitiani Komalasari
25 Januari 2023, 13:59
Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka Rapat Kerja Kementerian Pertanian di Jakarta, Rabu (25/1).
Dokumentasi Kementerian Pertanian
Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka Rapat Kerja Kementerian Pertanian di Jakarta, Rabu (25/1).

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyoroti surplus beras yang turun setiap tahunnya. Oleh sebab itu, Kementerian Pertanian perlu fokus pada peningkatan produksi setiap tahunnya.

"Saya minta fokus kita agar jangan hanya pada surplus-nya saja, tetapi juga pada besaran angkanya. Harapannya jumlah surplus terus meningkat dari tahun ke tahun, artinya produksi beras juga meningkat dari tahun ke tahun," kata Wapres Ma'ruf Amin saat membuka Rapat Kerja Nasional di Jakarta, Rabu (25/1).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik atau BPS, Ma'ruf mengatakan, produksi beras selalu surplus setiap tahun. Namun demikian, jumlah surplus beras cenderung menurun dari tahun ke tahun.

"Dari 4,37 juta ton pada 2018 menjadi 1,74 juta ton pada 2022," ujarnya.

Menghadapi kondisi tersebut, Ma'ruf meminta agar Kementerian Pertanian mengidentifikasi komoditas pangan yang tepat dalam menghadapi krisis pangan dunia serta fokus mendorong pengembangannya. Hal itu termasuk penetapan target produksi dan lokasinya.

Tantangan Makin Berat

Dia mengatakan, beban sektor pertanian cukup berat. Sektor ini harus mampu menyediakan pangan bagi lebih dari 275 juta jiwa di Indonesia.

"Ketersediaan pangan dan stabilitas harga pangan menjadi persoalan kritikal yang harus senantiasa dikelola dengan baik, seiring meningkatnya tren pertumbuhan penduduk," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan, tantangan pangan ke depan semakin berat meskipun inflasi di Indonesia dalam batas terkendali yaitu sebesar 5,51 persen pada Desember 2022. Apalagi belum semua sektor pulih dari pandemi, termasuk produksi dan distribusi pangan global.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...