Kereta Panoramic Argo Wilis dan Parahyangan Beroperasi, Ini Jadwalnya

Nadya Zahira
7 Februari 2023, 18:33
Penumpang melewati kereta Panoramic.
Humas KAI
Penumpang melewati kereta Panoramic.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan Kereta Panoramic yang dirangkaikan pada Argo Wilis dan Argo Parahyangan. Pada Februari ini, Kereta Panoramic beroperasi pada hari Jumat dan Minggu.

Untuk rinciannya yakni, tanggal 3, 10, 17, dan 24 Februari 2023, Kereta Panoramic dirangkaikan pada KA Argo Parahyangan (nomor KA 44) relasi Gambir - Bandung dan pada KA Argo Wilis (nomor KA 6) relasi Bandung - Surabaya Gubeng.

Adapun di tanggal 5, 12, 19, dan 26 Februari 2023, Kereta Panoramic disambungkan dengan KA Argo Parahyangan (nomor KA 51) relasi Bandung - Gambir dan KA Argo Wilis (nomor KA 5) relasi Surabaya Gubeng - Bandung.

“KAI melihat antusiasme masyarakat yang tinggi menikmati Kereta Panoramic karena dapat melihat keindahan jalur selatan kereta api Pulau Jawa yang terkenal dengan pemandangan eksotis, berkelok, dan melintasi jembatan-jembatan serta terowongan. Oleh karena itu, KAI kembali mengoperasikan Kereta Panoramic untuk memberikan pengalaman yang berbeda dalam menikmati layanan kereta api,” ungkap VP Public Relations KAI Joni Martinus, yang dikutip dalam keterangan resmi, Selasa (7/2).

Sebelumnya, KAI telah menoperasikan kereta Panoramic pada masa natal dan tahun baru. Kereta Panoramic tersebut terakhir beroperasi pada 8 Januari 2023.

Diminati Konsumen

Joni mengatakan, respons konsumen sangat positif pada pengoperasian kereta Panoramic tersebut. Selama dua hari dioperasikan yakni 3 Februari dan 5 Februari 2023, total terdapat 163 penumpang Kereta Panoramic. Okupansi penumpang kereta Panoramic selama dua hari tersebut mencapai 107%, yang mana 7%-nya merupakan penumpang dinamis yang turun naik di stasiun antara.

Kereta Panoramic Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung memiliki kapasitas 38 penumpang. Sementara Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng memiliki kapasitas 45 penumpang.

Sedangkan Kereta Panoramic Argo Parahyangan relasi Bandung -Gambir sebanyak 38 penumpang, Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung 42 penumpang.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...