3 Tren Bisnis Kuliner 2023, Salah Satunya Kembali ke Selera Nusantara

Tia Dwitiani Komalasari
13 Februari 2023, 09:10
Makanan Untuk Meningkatkan Mood
Unsplash

Hasil survei Populix untuk Foodiz Academy memprediksi sejumlah tren bisnis food and beverage atau F&B sepanjang 2023. Survei tren bisnis kuliner tersebut dilakukan pada 3.138 orang yang tergolong Gen Z dan Milenial di seluruh Indonesia.

CEO Populix, Timothy Astandu, mengatakan Gen Z dan milenial ada dua kelompok generasi dengan jumlah paling besar saat ini.

"Kedua generasi ini adalah yang paling banyak berkontribusi dalam kegiatan jual beli dan konsumsi dalam beberapa tahun terakhir," ujarnya dikutip dari Foodiz Channel, Senin (13/2).

Menurut Timothy, hasil riset ini menarik untuk menjadi dasar atau keputusan ketika mengambil strategi dan program yang akan dilakukan. Hal itu khususnya jika market bisnis kuliner tersebut menyasar market Gen Z dan Milenial.

Berdasarkan survei tersebut, berikut trend bisnis kuliner 2023:

1. Kembali ke Makanan Indonesia

Makanan Indonesia paling banyak disukasi Gen Z dan Milenial baik murni tradisional maupun fusion dengan negara Asia lainnya atau makanan barat.

Berdasarkan survei, sebanyak 44% Gen Z menyukai masakan Indonesia murni, fusion Indonesia - Asian 17%, dan fusion Indonesia - western 16%. Tiga jenis makanan tersebut berada di urutan ketiga teratas, lebih tinggi dari makanan korea (7%), makanan Jepang (6%), internasional murni (5%), dan makanan eropa (2%).

Sementara untuk milenial memilih makanan murni tradisional Indonesia sebesar 53%, fusion Indonesia - Asian 14%, dan Fusion Indonesia - Western 11%.

Timothy mengatakan, hasil survei ini sangat menarik bahwa konsumen Indonesia kembali lagi ke rasa Nusantara. "Ini bisa disebabkan karena sebelumnya sudah banyak masuk rasa dari negara lain. Tapi di 2023, masakan nusantara akan populer baik murni maupun fusion," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...