Ditinggal Investor Asing, Lippo Cikarang Suntik Meikarta Rp 4,5 T

Tia Dwitiani Komalasari
14 Februari 2023, 07:58
Pembangunan tower apartment Meikarta Distrik 1 di Jl. Orange County Boulevard, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/9/2020).
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Pembangunan tower apartment Meikarta Distrik 1 di Jl. Orange County Boulevard, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/9/2020).

PT Lippo Cikarang menyuntik dana sebesar Rp 4,5 triliun pada anak perusahaannya, PT Mahkota Sentosa Utama, sekaligus pengembang apartemen Meikarta. Suntikan dana itu dilakukan untuk menyelesaikan proyek apartemen Meikarta hingga 2027.

Presiden Direktur PT Lippo Cikarang, Ketut Budi Wijaya, mengatakan bahwa perusahaannya memiliki 49% saham di PT Mahkota Sentosa Utama atau SMU. Sementara 51% sisanya sebenarnya merupakan konsorsium asing.

Namun demikian, dia mengatakan, bahwa konsorsium asing tersebut menghilang setelah kasus Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang pada 2020. Menurut Ketut, konsorsium asing tersebut terdiri dari 10 investor yang berasal dari Singapura dan Cina.

Ketut mengatakan, PT MSU dituntut untuk menyelesaikan 18.000 unit apartemen Meikarta yang telah dibeli konsumen hingga 2027. Namun , Kektu mengatakan, hal itu hanya ditanggung Lippo Cikarang karena konsorsium yang menjadi pemegang saham lainnya telah meninggalkan proyek Meikarta.

"Ini komitmen full dari pemegang saham Lippo Cikarang, karena konsorsium asing sudah menghilang," kata Ketut saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, Senin (13/2).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...