Pemudik Lebaran 2023 Bakal Melonjak, Kemenhub Waspadai 3 Titik Ini

Nadya Zahira
17 Februari 2023, 13:59
Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022).
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/hp.
Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022).

Jumlah pemudik lebaran 2023 diperkirakan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu karena ada tidak ada lagi  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM. Kemenhub mewaspadai mobiltas pemudik di tiga titik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  mengatakan pengelolaan arus mudik dan balik lebaran tahun ini sangat menantang.  Kementerian Perhubungan atau Kemenhub telah melakukan sejumlah langkah untuk menyiapkan penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2023 sejak awal tahun ini. 

“Bagaimana mengendalikan lonjakan pergerakan orang yang lebih besar dari tahun lalu, yang prediksinya mencapai 80 juta orang,”” ujar Budi melalui keterangan resmi, yang dikutip pada Jumat (17/2).

Budi mengatakan, lonjakan jumlah pemudik pada tahun ini diprediksi akan terjadi karena kasus Covid-19 telah menurun dan PPKM dihentikan. Selain itu, lonjakan pemudik didorong oleh keadaan ekonomi yang sudah membaik.

Adapun sejumlah langkah yang dilakukan sejak awal oleh Kemenhub diantaranya yakni, menyiapkan survey potensi pergerakan mobilitas masyarakat selama Angkutan Lebaran 2023. Kemenhub juga melaksanakan inspeksi keselamatan atau ramp check pada sarana transportasi baik darat, laut, udara dan kereta api. 

Selanjutnya dia menyebutkan terdapat sejumlah hal penting yang telah diidentifikasi diantaranya yaitu:

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...