Lima Mal Baru Bakal Beroperasi di Bodetabek, Termasuk Milik Sinarmas

Nadya Zahira
23 Februari 2023, 15:03
Petugas memberi himbauan agar tetap menjaga jarak saat pengunjung berbelanja di AEON Mall, Tangerang, Selasa (2/6/2020). Pe
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas memberi himbauan agar tetap menjaga jarak saat pengunjung berbelanja di AEON Mall, Tangerang, Selasa (2/6/2020).

Setidaknya lima mal baru akan beroperasi tahun ini di kota-kota penyangga Jakarta yaitu  Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Pengoperasian mal baru tersebut dipicu oleh pencabutanPemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia atau APPBI, Alphonzus Widjaja menyatakan pembangunan mal bergeser dari Jakarta ke kota-kota penyangga.

Advertisement

"Saya kira akan ada lebih dari lima mal di tahun ini, tapi khusus di Bodetabek saja," ujar Aplhonzus kepada awak media di acara Rakernas APPBI di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (23/2).

Alphonzus mengatakan, pembangunan mal baru tersebut digarap oleh perusahaan besar. Salah satunya Pakuwon Group yang sedang membangun mal di Bekasi. 

Selain itu, Sinarmas Land dengan Kawan Lama Group saat ini tengah membangun mal di Kota Wisata dan Grand Wisata. Sinarmas Land juga menjalin kerjasama dengan Aeon Mall yang saat ini sedang membangun mal baru di Delta Mas. 

"Lalu di kawasan Bintaro saat ini juga sedang melakukan perluasan, yang rencananya juga akan dibangun mal baru," ujar Alphonzus. 

Tidak Ada Mal Baru di Jakarta

Alphonzus mengatakan, pembangunan mal baru tidak terjadi di Jakarta dalam waktu dekat ini. Menurut dia, pembagunan mal baru di Jakarta kemungkinan baru terjadi satu hingga dua tahun ke depan.

"Untuk sementara di Jakarta memang ada proses pembangunan, tapi saya kira tidak bukan dalam waktu dekat, seperti tahun ini ataupun tahun depan," kata Alphonzus.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement