BMKG: Jakarta Diprediksi Hujan, Kota Besar Lainnya Berawan

Tia Dwitiani Komalasari
27 Februari 2023, 06:12
Mendung gelap terlihat dari Plengkung Nirbaya di Kraton, Yogyakarta, Rabu (8/2/2023).
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom.
Mendung gelap terlihat dari Plengkung Nirbaya di Kraton, Yogyakarta, Rabu (8/2/2023).

Badan Meteorologi, Klimatolog,i dan Geofisika atau BMKG memperkirakan seluruh wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas yang ringan pada Senin (27/2).

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara pada pagi dan dini hari," tulis peringatan yang dikeluarkan oleh BMKG dalam situs resminya, dikutip dari Antara.

Pada siang hari, BMKG memprediksi sejumlah wilayah akan terus diguyur hujan, seperti di wilayah Jakarta Selatan dan juga Jakarta Timur. Sedangkan, pada di sejumlah wilayah seperti di Jakarta Barat, Pusat, Utara, dan juga Kepulauan Seribu cenderung berawan tebal.

Memasuki malam hari, awan tebal dan hujan ringan masih diprediksi berada di wilayah DKI Jakarta, seperti di Jakarta Barat, Pusat, Selatan dan juga Timur akan diselimuti awan tebal, dan untuk Kepulauan Seribu diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas hujan ringan.

Pada dini hari, BMKG juga memprediksi sebagian wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan kembali terkecuali di wilayah Jakarta Selatan dan Timur yang memiliki cuaca berawan.

Untuk suhu rata-rata di Jakarta pada 24 derajat Celsius. Rata-rata kelembapan udara di DKI Jakarta diperkirakan akan mencapai 75 persen. 

Kota Besar Lain Berawan

Sementara itu, BMKG memprediksi sejumlah kota besar di Indonesia seperti Bandung, Semarang, Medan, Palembang, dan Surabaya diprediksi memiliki cuaca berawan.

Selain Jakarta, BMKG memprediksi kota Makassar diguyur hujan dengan intensitas yang ringan pada pagi harinya.

Pada siang hari, BMKG mencatat terdapat dua kota yang akan diguyur hujan dengan intensitas ringan yakni Makassar dan juga Palembang. Untuk kota lainnya yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan diperkirakan akan berawan tebal.

Pada malam hari, hujan masih akan terjadi di Kota Makassar dengan intensitas yang ringan. Sedangkan, untuk wilayah Surabaya hujan petir terjadi pada malam hari.

Menurut BMKG, rata-rata suhu di wilayah kota besar di Indonesia mencapai 24 derajat Celcius. Jakarta memiliki tingkat suhu 24-30, Semarang 24-31, Surabaya 24-31, Makassar 24-32, Palembang 23-31, Medan 22-31 dan Bandung 19-25 derajat Celcius.

Kelembaban di setiap wilayah memiliki rata-rata mencapai 65 persen. Jakarta diprediksi 75-100, Bandung 70-90, Semarang 65-95, Surabaya 65-95, Makassar 75-90, Palembang 60-100 dan Medan 70-95 persen.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...