Xiaomi Siap Produksi Mobil Secara Massal Mulai 2024

Tia Dwitiani Komalasari
8 Maret 2023, 09:20
Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, ketika berkunjung ke Xiaomi Campus di kawasan Xi\'erqi, distrik Haidian, Tiongkok, Senin (18/11/2019).
Metta Dharmasaputra, Katadata.
Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, ketika berkunjung ke Xiaomi Campus di kawasan Xi\'erqi, distrik Haidian, Tiongkok, Senin (18/11/2019).

Produsen teknologi Xiaomi akan memproduksi kendaraan secara massal mulai semester I 2024. Xiaomi Auto dinilai telah membuat banyak kemajuan dari yang telah diharapkan dalam mempersiapkan produksi kendaraan perdananya.

"Baru-baru ini, tes musim dingin telah selesai dan kami berharap dapat memproduksi secara massal dalam paruh pertama tahun depan,” kata CEO Xiaomi, Lei Jun, dikutip dari Panda Daily, Rabu (8/3).

Pada 2022, Xiaomi telah menginvestasikan dana jumbo dalam bisnis baru termasuk mobil. Tim riset dan pengembangan Xiami Auto bahkan telah berkembang menjadi lebih dari 2.300 orang.

“Kami menginvestasikan sekitar 17 miliar yuan untuk penelitian dan pengembangan tahun lalu, dan kami akan menginvestasikan lebih dari 20 miliar yuan tahun ini dan setidaknya 100 miliar yuan dalam lima tahun ke depan,” kata Lei Jun.

Produksi Cip Sendiri

Dia menyatakan bahwa Xiaomi telah melakukan upaya besar dalam mengembangkan cip buatan sendiri, kecerdasan buatan, pencitraan, robot humanoid bionik, manufaktur cerdas, dan bidang lainnya dalam beberapa tahun terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...