Jerman Mitra Dagang Terbesar RI di Eropa, Transaksi Capai Rp 92 T

Nadya Zahira
8 Maret 2023, 17:43
Dua buah kapal melakukan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/2/2023). Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan pemerintah memproyeksikan nilai ekspor pada tahun 2023 naik 12,8 p
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Dua buah kapal melakukan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/2/2023). Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan pemerintah memproyeksikan nilai ekspor pada tahun 2023 naik 12,8 persen dan nilai impor naik hingga 14,9 persen, meskipun melambat akibat faktor ekonomi global dan perpolitikan dalam negeri.

Nilai perdagangan bilateral Indonesia dan Jerman yang mencapai US$ 6,3 miliar atau setara Rp 92,7 triliun sepanjang 2022. Direktur Eropa II Kementerian Luar Negeri atau Kemenlu, Winardi Hanafi Lucky, mengatakan bahwa Jerman merupakan rekan dagang terbesar Indonesia di Eropa.

 

“Saya paparkan bagaimana bagusnya hubungan ekonomi Indonesia dengan Jerman, sebagai salah satu mitra strategis Indonesia, terbukti nilai perdagangan itu per November 2022 tercatat sebesar US$ 6,3 miliar,” ujar Winardi dalam acara Press Briefing Indonesia Partner Country Hannover Messe 2023, di Kantor Kementerian Perindustrian, Rabu (8/3).

 

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa nilai investasi Indonesia Jerman berada pada posisi keempat terbesar di Eropa yakni mencapai US$ 195 juta atau setara Rp 3,01 triliun.  "Dari nilai investasi tersebut yang sebesar US$ 195 juta itu, terdiri dari 1.195 proyek," ujarnya.

 

Untuk meningkatkan minat dagang dan investasi, Indonesia ikut serta dalam Hannover Messe 2023 yang dapat mendongkrak angka perdagangan dan investasi yang cukup besar.

 

“Hannover Messe memang tempat yang sangat sesuai untuk mempromosikan potensi kerja sama, sebagai pameran industri terbesar di dunia," kata Winardi.

 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...