KCI Resmi Beli 16 Rangkaian KRL Baru dari INKA Senilai Rp 4 Triliun

Nadya Zahira
10 Maret 2023, 13:15
KRL Commuter Line melintas di Stasiun Manggarai, Jakarta, Selasa (28/2/2023). Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menolak rencana PT Kereta Commuterline Indonesia atau PT KCI untuk impor gerbong kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek dalam rangka peremaj
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
KRL Commuter Line melintas di Stasiun Manggarai, Jakarta, Selasa (28/2/2023). Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menolak rencana PT Kereta Commuterline Indonesia atau PT KCI untuk impor gerbong kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek dalam rangka peremajaan armada, karena industri kereta api nasional dinilai mampu memproduksi semua kebutuhan kereta di dalam negeri.

PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI menandatangani kontrak pembelian 16 rangkaian kereta rel listrik atau KRL baru dari PT INKA (Persero) dengan anggaran Rp 4 triliun. Rangkaian kereta tersebut ditargetkan selesai pada 2025-2026.

Penandatanganan tersebut dilakukan bersamaan dengan peresmian workshop PT INKA (Persero) Banyuwangi oleh Wakil Menteri (Wamen) II BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, Kamis, 9 Maret 2023 lalu.

Direktur Utama KCI Suryawan Putra Hia mengatakan, penandatanganan kontrak pengadaan KRL itu sesuai dengan kesepakatan awal di Memorandum of Understanding atau MoU yang sudah ditandatangani oleh PT KCI dan PT INKA pada 2022 kemarin.

“Pengadaan sarana kereta ini merupakan komitmen kami dalam mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan produksi dalam negeri serta substitusi impor melalui Program Peningkatan Pengguna Produk Dalam Negeri atau P3DN," ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (10/3).

Suryawan berharap, pengadaan kereta baru tersebut dapat meningkatkan kapasitas angkut, serta meningkatkan kenyamanan dan pelayanan kepada pengguna KRL.

Sementara itu, Direktur Utama PT INKA (Persero), Eko Purwanto menyampaikan bahwa, kerja sama ini merupakan momentum untuk kebangkitan perkeretaapian nasional.

"Sebagai operator, baik PT KAI maupun KAI Commuter tentu ingin memberikan pelayanan yang terbaik pada pelanggannya, dan kami pun PT INKA selalu berkomitmen memberikan produk-produk berkualitas tinggi untuk kereta-kereta kami," kata Eko.

Adapun rincian seluruh kontrak yang ditandatangani selain dari pengadaan 16 trainset KRL baru, sebagai berikut : 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...