Kepastian Diskon Tarif Tol Lebaran Dua Pekan Lagi, Ini Penjelasan BPJT

Nadya Zahira
20 Maret 2023, 19:56
Kendaraan melintasi ruas Jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/3/2023).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Kendaraan melintasi ruas Jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/3/2023).

Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT tengah menunggu adanya kebijakan diskon tarif tol yang akan diberikan oleh Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT. Diskon tarif tol tersebut diperkirakan berlaku sekitar dua pekan menjelang Lebaran 2023.

"Kita lihat nanti, kira-kira dua minggu sebelum Lebaran 2023 ini, apakah ada pemberitahuan dari mereka BUJT untuk memberikan diskon tarif," ujar Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit di Jakarta, Senin (20/3).

Advertisement

Danang mengatakan, pihak BUJT sejauh ini masih menghitung terkait hal tersebut. Pasalnya, kondisi keuangan BUJT belum pulih sepenuhnya pasca pandemi Covid-19.

Saat ini, BUJT sedang menghitung apakah keuangan perusahaannya mencukupi untuk memberikan diskon. Dia mengatakan, diskon tarif jalan tol biasanya merupakan inisiatif BUJT. 

"Tapi, kita juga paham selama pandemi Covid-19, pendapatan mereka menjadi berkurang antara 40-60%, maka kita masih menunggu kebijakan tersebut" ujarnya.

Dengan demikian, pemerintah di satu sisi harus memahami keinginan masyarakat untuk dapat pelayanan lebih melalui diskon tarif tol tersebut, namun disisi lain juga harus mengerti kondisi keuangan BUJT yang belum membaik sepenuhnya. Sehingga, kebijakan tersebut masih dalam tahap perencanaan dan diskusi.

Arus Mudik Lebih Tinggi

Sementara itu, Jasa Marga memprediksi jumlah kendaraan yang akan melintas di empat gerbang tol utama yaitu, Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama, dan Kalihurip utama, akan lebih tinggi dibandingkan masa mudik lebaran 2022 lalu. 

Jasa Marga memprediksi jumlah kendaraan yang keluar Jabodetabek mencapai 2,2 juta kendaraan atau naik 2,8%. Sementara jumlah kendaraan yang masuk Jabodetabek mencapai 2,3 juta kendaraan atau naik 1,4% dibandingkan masa mudik Lebaran 2022.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement