Penerbangan Lion Air Delay 2,5 Jam Imbas Pendingin Pesawat Bermasalah

Tia Dwitiani Komalasari
20 April 2023, 08:21
Sejumlah calon penumpang antre naik ke pesawat maskapai Lion Air di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (5/7/2019).
ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG
Sejumlah calon penumpang antre naik ke pesawat maskapai Lion Air di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (5/7/2019).

Lion Air menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para penumpang penerbangan nomor JT-672  rute Makassar (UPG) ke Balikpapan (BPN) karena adanya kendala pada sistem pendingin udara di pesawat pada Rabu (19/ 4). Kendala tersebut menyebabkan penerbangan yang dijadwalkan berangkat 08.45 WIT, tertunda sekitar 2,5 dan berangkat 11.20 WITA.

 Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan pilot menemukan ada indikasi sistem pendingin udara tidak bekerja secara maksimal ketika pesawat bersiap untuk didorong mundur atau push back. Jika dilanjutkan, kendala tersebut akam berdampak suhu di dalam kabin pesawat tidak sebagaimana semestinya.

Pada situasi tersebut, pilot memutuskan untuk menunda keberangkatan penerbangan dan meminta penumpang agar diturunkan kembali menuju ruang tunggu bandar udara.

"Lion Air ingin memastikan bahwa keselamatan dan kenyamanan para penumpang adalah prioritas yang utama, ujar Danang dalam keterangan tertulis, Kamis (20/4).

Awak kabin yang bertugas memberikan informasi kepada penumpang dan mengarahkannya untuk kembali ke ruang tunggu di bandar udara sambil menunggu informasi dan perkembangan selanjutnya.

 Pengecekan dan perbaikan sistem pendingin udara ternyata membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit yang dilakukan oleh teknisi Lion Air. Dalam hal ini, tahapan pekerjaan tidak dapat dilakukan secara cepat dan instan.

 Setelah sistem pendingin udara pesawat dinyatakan telah berfungsi dengan baik oleh teknisi pesawat dan  dilakukan pengecekan oleh pilot, maka pesawat siap dioperasikan kembali.

 Lion Air telah memberangkatkan kembali seluruh penumpang penerbangan nomor JT-672 tujuan Balikpapan pukul 11.20 WITA, dengan menggunakan pesawat yang sama. Pesawat telah mendarat dengan normal.

Batik Air Alami Masalah Serupa

Salah satu maskapai Grup Lion Air lainnya, Batik Air, juga mengalami masalah serupa yaitu sistem pendingin yang bermasalah. Penumpang mengeluhkan AC kurang dingin dan lampu sempat padam.

Menurut Danang, pesawat kurang terasa dingin dan lampu sempat padam seketika disebabkan oleh Ground Power Unit atau GPU yang tidak bekerja secara maksimal atau ground power issue.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...