One Way Tol Trans Jawa Diperpanjang Hingga Pukul 24.00 WIB Malam Ini

Tia Dwitiani Komalasari
20 April 2023, 12:12
Foto udara kendaraan melintas di Tol Jakarta-Cikampek KM 47 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). Korlantas Polri memberlakukan contraflow dari KM 36+800 sampai dengan KM 70 dari pukul 00.15 WIB dini hari untuk mengantisipasi lonjakan volu
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.
Foto udara kendaraan melintas di Tol Jakarta-Cikampek KM 47 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). Korlantas Polri memberlakukan contraflow dari KM 36+800 sampai dengan KM 70 dari pukul 00.15 WIB dini hari untuk mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas di ruas tol arah Cikampek.

Rekayasa lalu lintas one way di hari ketiga mudik yang dijadwalkan selesai pada pukul 12.00 WIB hari ini masih akan terus dilanjutkan. Perpanjangan rekayasa lalu lintas oneway diperkirakan akan berakhir pada Kamis 20 April 2023 pukul 24.00 WIB.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi mengatakan, jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way masih dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali apabila periode waktu tiga jam sebelumnya masih terdapat peningkatan volume lalu lintas.

"Kami Imbau kepada masyarakat yang melalukan perjalanan mudik untuk tetap menjaga keselamatan, dengan mematuhi aturan lalu lintas serta ikuti petunjuk petugas kami di lapangan," ujarnya Kamis (20/4).

Contra Flow Tol Jakarta-Cikampek

Firman mengatakan, Polri akan menerapkan sistem rekayasa lalu lintas contra flow satu lajur pada tol Jakarta-Cikampek  KM 36 sampai KM 47 dan contra flow dua lajur dari KM 47 sd KM 70. Rekayasa lalu lintas contra flow tersebut berlanjut hingga pukul 24.00 WIB, Kamis (20/4).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan evaluasi pelaksanaan arus mudik di jalan Tol Jakarta ke arah timur yaitu ke Cikampek, Cipali hingga Kalikangkung, Semarang. Hasilnya, lonjakan kendaraan yang melintas naik 20 persen dari arus mudik lebaran Tahun 2022 lalu.

Meskipun ada lonjakan kendaraan, namun rata-rata kecepatan kendaraan dari Tol Jakarta ke Semarang juga meningkat dari tahun lalu yaitu dari 69 Km/jam menjadi 71 Km/jam.

"Ini membuktikan kita improve dibanding tahun lalu. Besok dan besok lusa masih menantang, kita harus lebih kompak untuk menghadapinya,” ujar Menhub saat meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama, Rabu malam (19/4).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...