Menhub Imbau Pemudik Hindari Pulang pada 24 dan 25 April

Tia Dwitiani Komalasari
20 April 2023, 09:48
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama, Rabu malam (19/4)
Humas Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama, Rabu malam (19/4)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik lebaran untuk tidak kembali pada 24 dan 25 April 2023. Pasalnya tanggal tersebut adalah puncak pergerakan arus balik.

Budi menganjurkan masyarakat untuk melakukan perjalanan balik sebelumnya atau sesudahnya yaitu pada hari Rabu, Kamis dan Jumat 26-28 April 2023. Selain menghindari macet, pemudik juga bisa mendapatkan diskon jalan tol pada 27 dan 28 April 2023.

“Karena terbukti pada arus mudik kemarin, dengan adanya diskon, pergerakan kendaraan tumbuh sekitar 12 persen, sehingga banyak masyarakat yang mudik lebih awal,” tuturnya, Kamis (20/4).

Lonjakan Kendaraan Naik 20%

Budi Karya melakukan evaluasi pelaksanaan arus mudik di jalan Tol Jakarta ke arah timur yaitu ke Cikampek, Cipali hingga Kalikangkung, Semarang. Hasilnya, Hingga Rabu malam (19/4) atau H-3 jelang Lebaran, lonjakan kendaraan yang melintas naik 20 persen dari arus mudik lebaran Tahun 2022 lalu.

Meskipun ada lonjakan kendaraan, namun rata-rata kecepatan kendaraan dari Tol Jakarta ke Semarang juga meningkat dari tahun lalu yaitu dari 69 Km/jam menjadi 71 Km/jam.

"Ini membuktikan kita improve dibanding tahun lalu. Besok dan besok lusa masih menantang, kita harus lebih kompak untuk menghadapinya,” ujar Menhub saat meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama, Rabu malam (19/4).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...