Diskon Tarif Tol 20% Berlaku dari Semarang hingga Jakarta

Nadya Zahira
28 April 2023, 11:52
Foto udara sejumlah kendaraan roda empat melaju perlahan di Jalan Tol Trans Jawa, Semarang-Solo Km 441 B, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (25/4/2023). Volume kendaraan dari arah Solo dan Jawa Timur yang akan menuju DKI Jakarta maupun Jawa B
ANTARA FOTO/Aji Styawan/YU
Foto udara sejumlah kendaraan roda empat melaju perlahan di Jalan Tol Trans Jawa, Semarang-Solo Km 441 B, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (25/4/2023). Volume kendaraan dari arah Solo dan Jawa Timur yang akan menuju DKI Jakarta maupun Jawa Barat melalui jalur tersebut pada H+3 Lebaran hingga pukul 18:30 WIB terpantau padat merayap sekitar lima kilometer.

Badan Usaha Jalan Tol memberikan diskon tarif tol Trans Jawa sebesar 20% yang berlaku untuk perjalanan dari Semarang-Jakarta khusus pada periode arus balik Lebaran 2023. Diskon 20% untuk periode arus balik diberlakukan sejak Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB, hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB. 

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, diberlakukannya program diskon ini dapat menghindari penumpukan kendaraan pada waktu tertentu, terutama yang diprediksi menjadi puncak arus balik yaitu pada 30 April-1 Mei 2023 mendatang.

Lisye menuturkan, pemberlakuan diskon tarif tersebut juga disertai penerapan kebijakan pembatasan angkutan barang dan beberapa rekayasa lalu lintas diantaranya yaitu, contraflow, one way, hingga ganjil-genap.

”Diharapkan program diskon ini cukup menarik bagi masyarakat, selain mendapatkan keuntungan dengan menghemat pengeluaran, masyarakat juga dapat mengatur perjalanan yang lebih nyaman karena terhindar dari lonjakan arus lalu lintas di puncak arus mudik maupun balik yang berpotensi menimbulkan kepadatan," ujarnya, melalui keterangan resmi, Jumat (28/4).

Rincian Tol yang Dapat Diskon 20%

Dia mengatakan, Jasa Marga dan Badan Usaha Jalan Tol lainnya akan memberlakukan diskon tarif 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa pada periode arus balik. Sebelumnya, diskon 20% hanya berlaku untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Saat ini, diskon akan berlaku untuk perjalanan menerus dari Semarang-Jakarta.

"Jadi pengguna jalan bisa melakukan tap in di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan melakukan tap out  di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk mendapatkan diskon tarif 20%," ujarnya.

Lisye menjelaskan, Diskon untuk perjalanan menerus tersebut akan menempuh sejumlah ruas jalan tol yang tidak hanya dikelola oleh Jasa Marga, namun juga oleh BUJT lainnya

Adapun sejumlah ruas jalan tol yang diberlakukan diskon 20% untuk perjalanan menurus diantaranya yaitu:

1. Jalan Tol Batang-Semarang

2. Jalan Tol Pemalang-Batang

3. Jalan Tol Pejagan-Pemalang

4. Jalan Tol Kanci-Pejagan

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...