Mendag Resmikan Ritel Bahan Bangunan Asal Jepang, Investasi Rp 400 M

Tia Dwitiani Komalasari
19 Mei 2023, 14:54
Dari kiri ke kanan: Wakil Walikota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan\' Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan; Vice President Director PT Okabe Hardware Indonesia, Budi Kho; President Director PT Okabe Hardware Indonesia, Tomokazu Tarui; saat konferens
Kementerian Perdagangan
Dari kiri ke kanan: Wakil Walikota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan\' Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan; Vice President Director PT Okabe Hardware Indonesia, Budi Kho; President Director PT Okabe Hardware Indonesia, Tomokazu Tarui; saat konferensi pers Peresmian Okabe Gallery di Tangerang Selatan, Jumat (19/5).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meresmikan ritel atau swalayan bahan bangunan dan perlengkapan rumah asal Jepang bernama Okabe Gallery milik PT Okabe Hardware Indonesia OHI, di Serpong Tangerang Selatan. Nilai investasi hypermarket tersebut mencapai Rp400 miliar.

Pria yang akrab disapa Zulhas tersebut mengatakan, investasi ini menandakan bahwa Indonesia masih memiliki daya tarik tinggi bagi investor Jepang. Hal itu didukung stabilitas politik, jumlah penduduk yang besar, dan kondisi ekonomi.

"Pertumbuhan ekonomi kita, kemudian stabilitas politik, daya beli, dan jumlah penduduk yang besar, tentu memiliki daya tarik. Namun, yang paling penting adalah kepercayaan," kata Mendag Zulhas, usai peresmian di Tangerang Selatan, Banten, Jumat (19/5).

Zulhas menambahkan, perekonomian Indonesia kembali menunjukkan resiliensi di tengah dinamika perekonomian global yang terus melambat. Hal ini tercermin dari pertumbuhan ekonomi nasional yang melanjutkan tren yang kuat pada kuartal I tahun 2023, yakni sebesar 5,03 persen (yoy).

Dia mengatakan, kuatnya pertumbuhan ekonomi kuartal I 2023 didukung oleh aktivitas konsumsi rumah tangga yang memiliki kontribusi sebesar 52,88 persen. "Sektor ritel pun memiliki kontribusi penting dalam mendorong konsumsi rumah tangga tersebut," katanya lagi.

Apa Itu Okabe Gallery?

Zulhas mengatakan Okabe Gallery merupakan supermarket bahan bangunan. Melalui Okabe Gallery, masyarakat bisa mudah membeli bahan bangunan ataupun mencari inspirasi desain bangunannya.

"Jadi Okabe ini memudahkan orang mau cari sesuatu, nggak repot kalau kita mau bikin kantor, tempat tinggal, tinggal pilih, ini memudahkan. Jadi ini mal atau supermarketnya bahan bangunan" ujarnya pula.

Wakil Presiden Direktur PT OHI Budi Arianto Kho menyebut nilai investasi pembukaan Okabe Gallery hampir Rp400 miliar. Investasi tersebut terdiri dari gedung senilai Rp200 miliar, dan sisanya adalah investasi untuk stok dan renovasi lainnya.

Budi juga menambahkan, semua pekerja di Okabe Gallery adalah masyarakat lokal. Meski Okabe berasal dari Jepang, namun 99 persen karyawan adalah warga Indonesia.

"Terutama di Tangerang Selatan semua pekerja kita dari sini," ujarnya lagi.

Budi pun mengklaim hampir semua produk yang dijual di Okabe Gallery merupakan buatan Indonesia. "Kami lebih ke hypermarket bahan bangunan ya, karena di sini semua kita ada. Di belakang juga kami jual pasir dan lainnya," katanya pula.

Okabe Gallery merupakan toko bahan bangunan berkonsep pertama di Indonesia dengan memajang produk-produk bahan bangunan, dengan begitu customer bisa berbelanja sambil membayangkan apa yang akan customer lakukan setelah melakukan pembelian suatu produk tersebut.

Okabe Gallery merupakan swalayan besutan PT OHI, perusahaan penanaman modal asing yang merupakan anak perusahaan Okabe Co Ltd Japan yang berpusat di Tokyo, Jepang.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...