Tol Cisumdawu Kembali Beroperasi Penuh Juni 2023

Tia Dwitiani Komalasari
23 Mei 2023, 06:52
Kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Pada H-4 Lebaran, jalan tol fungsional Cisumdawu seksi empat hingga enam atau Cimalaka sampai Ujung Jaya yang di
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Pada H-4 Lebaran, jalan tol fungsional Cisumdawu seksi empat hingga enam atau Cimalaka sampai Ujung Jaya yang di buka pada pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB tersebut terpantau lengang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Basuki Hadimuljono, menginstruksikan penyelesaian konstruksi Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan atau Cisumdawu Seksi 4 - Seksi 6 rampung Juni 2023.  Dengan demikian, Tol Cisumdawu bisa beroperasi seluruhnya sepanjang 62 km.

Sebagai informasi, seksi 4-6 tol Cisumdawu membentang dari Cimalaka hingga Dawuan sepanjang 29,3 km. Seksi 4-6 tol Cisumdawu pernah dibuka fungsional saat mudik Lebaran 2023. Namun saat ini, ruas tol tersebut sedang ditutup kembali untuk penyelesaian fasilitas.

"Jalan Tol Cisumdawu merupakan proyek strategis nasional yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Segera operasionalkan dengan tetap mengutamakan kualitas, safety, dan estetika. Ruas Tol Cisumdawu sekaligus juga untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," tegas Menteri Basuki.

Sementara seksi 1-3 tol Cisumdawu telah beroperasi. Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan sepanjang 11,45 Km beroperasi sejak Januari 2022.

Seksi 2 Pamulihan - Sumedang beroperasi sepanjang 17,05 Km. Seksi 3 Sumedang - Cimalaka beroperasi sepanjang 4,05 km sejak Desember 2022.

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha. Biaya konstruksi tol menyerap Rp5,5 triliun.

Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Citra Karya Jabar Tol.

Gunakan Teknologi Penahan Longsor

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat Brawijaya mengatakan terdapat teknologi khusus yang diterapkan dalam pembangunan Tol Cisumdawu. Teknologi itu adalah geofoam EPS yang diterapkan pada pembangunan Seksi 5A di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...