Subsidi Motor Listrik Sepi Peminat Imbas Minim Sosialisasi

Nadya Zahira
30 Mei 2023, 14:00
Penjual menyalakan motor listrik di Selis Center, Jakarta, Senin (20/3/2023). Pemerintah menyalurkan subsidi Rp7 juta per unit pembelian kendaraan listrik baru pada Senin (20/3/2022) hingga Desember 2023 dengan kuota 200 ribu unit untuk motor listrik baru
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Penjual menyalakan motor listrik di Selis Center, Jakarta, Senin (20/3/2023). Pemerintah menyalurkan subsidi Rp7 juta per unit pembelian kendaraan listrik baru pada Senin (20/3/2022) hingga Desember 2023 dengan kuota 200 ribu unit untuk motor listrik baru dan 50 ribu unit bagi motor listrik hasil konversi.

Ketua Kamar Dagang Industri, Arsjad Rasjid, meminta pemerintah meningkatkan sosialisasi subsidi motor listrik. Hal itu menanggapi masih minimnya peminat subsidi motor listrik sejak digelontorkan 20 Maret 2023.

Arsjad mengatakan, peminat subsidi motor listrik masih sedikit karena kendaraan listrik tersebut dibanderol dengan harga yang tinggi saat pertama meluncur di Indonesia. Akibatnya, hanya sedikit masyarakat yang ingin membeli motor listrik.

Dia mengatakan, subsidi motor listrik dapat meningkatkan minat konsumen . Namun demikian, pemerintah perlu meningkatkan sosialisasi sehingga lebih banyak masyarakat yang tertarik mengikuti program tersebut.

"Tapi selain itu, saya kira insentif subsidi motor listrik ini juga harus tepat sasaran," ujar Arsjad kepada awak media, di Jakarta, Selasa (30/5).

Dia mengatakan, program subsidi motor listrik ini perlu diterapkan untuk membantu pemerintah mencapai target net zero carbon pada tahun 2060. 

"Kalau semua masyarakat menggunakan kendaraan listrik, subsidi BBM juga nanti bisa dialokasikan untuk kepentingan yang lain, jadi ini penting," kata Arsjad.

Arsjad optimis penggunaan kendaraan listrik akan bisa diterapkan oleh semua masyarakat di Indonesia. Pasalnya, program ini juga dapat mengembangkan industri di dalam negeri, yang nantinya akan berdampak baik untuk industri kecil dan menengah.

Baru Terjual 599 Motor

Asosiasi Industri Sepada Motor Listrik Indonesia mencatat ada 599 motor listrik yang berhasil terjual sejak pemerintah merilis kebijakan subsidi sebesar Rp 7 juta pada Maret lalu. Angka ini masih minim jika dibandingkan dengan target penyaluran subsidi kepada 200.000 unit hingga akhir 2023.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...