KAI Operasikan Lima Kereta Api Baru, Ada Tarif Promo

Tia Dwitiani Komalasari
1 Juni 2023, 15:12
Kereta Api
KAI

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan lima kereta api baru secara serentak pada 1 Juni 2023. Kereta baru tersebut diluncurkan secara serentak di empat stasiun yaitu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Jember.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, mengatakan peluncuran 5 kereta api baru ini merupakan implementasi peningkatan pelayanan KAI seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023 mulai 1 Juni 2023. Implementasi Gapeka 2023 menyebabkan banyak kereta api yang mengalami percepatan waktu tempuh dan perubahan jadwal keberangkatan.

“Semoga dengan adanya launching 5 KA baru ini dapat membawa manfaat dan pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui kereta api. Sekaligus meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” kata Didiek saat meresmikan peluncuran kereta api di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Kamis (1/6).

Adapun lima kereta api baru tersebut adalah:

  1. Kereta api Argo Merbabu relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Gambir pp diresmikan di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.
  2. KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Solo Balapan pp diresmikan di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.
  3. KA Manahan relasi Solo Balapan - Gambir pp diresmikan di Stasiun Solo Balapan
  4. KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir pp diresmikan di Stasiun Surabaya Gubeng
  5. KA Pandalungan relasi Jember - Gambir pp diresmikan di Stasiun Jember.

Jadwal Kereta Api Baru

Selama Juni 2023, KA Pandalungan beroperasi pada Kamis s.d Senin, KA Banyubiru beroperasi pada Kamis s.d Minggu, dan KA Argo Semeru dan KA Argo Merbabu akan beroperasi setiap hari.

Adapun KA Manahan beroperasi secara fakultatif, disesuaikan dengan permintaan pangsa pasar. Pelanggan dapat melihat jadwalnya di aplikasi KAI Access, web kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI.

Untuk semakin menarik minat pelanggan, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Pandalungan seharga Rp 300.000, KA Argo Semeru seharga Rp 250.000, KA Argo Merbabu Rp 200.000, KA Manahan seharga Rp 200.000, serta KA Banyubiru kelas eksekutif Rp 30.000 dan kelas ekonomi Rp20.000. Tarif promo ini berlangsung pada bulan Juni 2023.

Asal Mula Nama Kereta Api

Didiek menambahkan, penamaan KA Argo Merbabu terinspirasi dari Gunung Merbabu yang terletak di Jawa Tengah. Pengambilan nama ini didasarkan pada keindahan dan prestise yang melekat pada Gunung Merbabu.

Adapun filosofi pengambilan nama KA Banyubiru berasal dari nama Kecamatan Banyubiru di Kabupaten Semarang yang memiliki keunikan dan pesona alam memikat. Nama KA Pandalungan diambil dari nama sub suku yang mendiami daerah Tapal Kuda di Jawa Timur.

Sementara KA Argo Semeru tentunya terinspirasi dari gunung tertinggi di Pulau Jawa. Adapun filosofi pengambilan nama KA Manahan mencerminkan identitas serta warisan budaya masyarakat Kelurahan Manahan, Kota Surakarta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...