Parpol Pengusung Ganjar Bertambah, Akan Diumumkan Dua Hari Lagi

Abdul Azis Said
1 Juni 2023, 18:58
Bakal calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo (kedua kiri) didampingi para pendukungnya mengepalkan tangan saat acara Konsolidasi Pemenangan Bacapres PDIP di Serang, Banten, Sabtu (27/5/2023). Acara tersebut merupakan b
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/nym.
Bakal calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo (kedua kiri) didampingi para pendukungnya mengepalkan tangan saat acara Konsolidasi Pemenangan Bacapres PDIP di Serang, Banten, Sabtu (27/5/2023). Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian safari politik Ganjar Pranowo ke daerah-daerah untuk mengkonsolidasikan massa pendukung.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP akan mengumumkan partai politik tambahan yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.  Pengumuman tersebut rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Soal partai yang mengusung, partainya yang mana, kita tunggu dalam dua hari ini akan mendapatkan beritanya," ujar Ganjar dalam konferensi pers usai peresmian Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo Presiden 2024 di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/6).

Sejauh ini terdapat empat partai politik  yang telah menyatakan dukungan terhadap pencalonan Ganjar Pranowo sebagai presiden 2024.  Partai politik tersebut di antaranya Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, PDIP, Hati Nurani Rakyat atau Hanura, dan Partai Persatuan Pembangunan atau PPP.

 Rencana bergabungnya partai baru itu disampaikan Ganjar saat menyinggung soal bakal calon pendampingnya sebagai Cawapres. Ia memberikan ruang bagi setiap partai untuk menyampaikan kandidatnya masing-masing, baru kemudian nanti dilakukan rembuk.

Namun demikian, ia menyampaikan pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri agar partai pendukung bisa berkumpul untuk saling berbicara terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar dukungan terhadap pencalonan Ganjar tersebut semakin solid.

 "Bu Mega menyampaikan kumpul dulu, kita bicara dulu, solid dulu, setelah itu Capresnya akan kita dudukkan untuk bicara siapa Cawapres yang paling pas, jadi sabar sedikit," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...