Menhub Ajak Kontraktor Cina Bangun Infrastruktur Kereta Api di IKN

Tia Dwitiani Komalasari
22 Juli 2023, 15:00
Rangkaian kereta api memasuki Stasiun Lebakjero, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/7/2023). PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung pada semester I tahun 2023 telah mengangkut sebanyak 1.768.922 penumpang KA Jarak Jauh. Jumlah tersebut meni
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nz
Rangkaian kereta api memasuki Stasiun Lebakjero, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/7/2023). PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung pada semester I tahun 2023 telah mengangkut sebanyak 1.768.922 penumpang KA Jarak Jauh. Jumlah tersebut meningkat 57 persen jika dibandingkan dengan semester I tahun 2022 sebanyak 1.129.994 pelanggan KA.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melakukan audiensi dengan Presiden Direktur China Railway International Co. lTD (CRIC), Ju Guojiang. Audiensi tersebut untuk membahas peluang kerja sama pembangunan infrastruktur perkeretaapian, khususnya di Ibu Kota Nusantara atau IKN.

CRIC merupakan perusahaan platform CR-Group yang menangani konstruksi pembangunan proyek jalur kereta api di luar Cina, dan berfokus pada investasi, pembangunan jalur kereta api, serta pengoperasian. Saat ini, CRIC merupakan salah satu perusahaan yang menjadi kontraktor utama pada proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

“Kami menyambut baik dan mendorong partisipasi dan kerja sama lebih lanjut dalam pengembangan proyek infrastruktur transportasi, khususnya dalam pengembangan perkeretaapian di IKN atau proyek infrastruktur lainnya,” ujar kata Budi dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (22/7).

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal mengatakan, Kemenhub tengah merencanakan pembangunan kereta api perkotaan, kereta api Trans Kalimantan, serta kereta api Bandara Sepinggan-IKN. Pembangunan itu untuk mendukung mobilitas masyarakat di IKN.

 “Rencana tersebut cukup menantang, namun mudah-mudahan kami dapat mewujudkannya mendukung pengembangan Ibu Kota Baru Nusantara,” ujar Risal.

Di samping membahas peluang kerja sama pembangunan kereta di IKN, pada audiensi tersebut dibahas juga kesiapan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung meliputi progres pembangunan, aksesibilitas stasiun, perizinan prasarana dan sarana, uji rancang bangun dokumen, serta uji rancang bangun dokumen.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Perkeretaapian Nasional 2010-2030 dan Renstra Direktorat Jenderal Perkeretaapian 2020-2024, Kemenhub berkomitmen membangun rel kereta api di Indonesia sepanjang 10.524 km dengan jarak pembangunan sekitar 3.269 km. 

Kementerian Perhubungan mencatat, panjang rel kereta api di Indonesia terus mengalami peningkatan sejak 2016-2020. Pada 2016, panjang rel kereta api di dalam negeri sebesar 5,38 juta meter.

Panjang rel kereta api di Indonesia kemudian meningkat menjadi 5,57 juta meter pada 2017. Panjang rel kereta api kembali bertambah menjadi 5,94 juta meter pada 2018.

Setahun setelahnya, rel kereta api di Indonesia bertambah menjadi sepanjang 6,22 juta meter. Panjang rel kereta api pun meningkat lagi menjadi 6,32 juta meter pada 2020.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...