Mahalnya Biaya Kesehatan

Biaya kesehatan untuk penanganan penyakit kronis seperti jantung dan diabetes terbilang mahal.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
27 Desember 2019, 14:41

Masyarakat Indonesia rentan terserang penyakit kronis. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 mencatat lima penyakit kronis yang banyak diderita penduduk di Tanah Air antara lain pneumonia, penyakit jantung, diabetes, TBC, dan malaria.

Penanganan penyakit kronis seperti jantung dan diabetes terbilang mahal. Biaya bypass jantung di Indonesia berkisar US$ 10.581 - US$ 21.036. Sedangkan perawatan diabetes sekitar US$ 405,1 - US$ 995.

Biaya kesehatan untuk jenis penyakit yang sama di sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura juga terbilang tinggi. Pasien yang terkena diabetes di Singapura misalnya, perlu merogoh kocek sekitar US$ 1.495,7. Ini nominal termahal dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya.

Meski memerlukan biaya besar, masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri mengalami kenaikan hampir 100 persen pada periode 2006-2015. Khusus pada 2015, tercatat ada sekitar 600.000 orang yang mengakses pertolongan medis ke luar negeri.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.