Cegah Penyakit Kritis dengan Olahraga dan Pola Makan Sehat

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang terkena penyakit kritis, salah satu yang paling sering terjadi adalah akibat pola hidup yang tidak sehat.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
19 Juli 2019, 14:41

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang terkena penyakit kritis, salah satu yang paling sering terjadi adalah akibat pola hidup yang tidak sehat. Masyarakat cenderung kurang peduli terkait makanan yang mereka konsumsi, terutama yang hidup di kota besar. Selain itu, ketergantungan terhadap kendaraan pribadi membuat semakin malas untuk beraktivitas. Hal ini menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit.

 

Sebagai salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh, berolahraga secara teratur merupakan cara ampuh untuk mencegah terkena penyakit kritis. Jenis olahraga yang dianjurkan antara lain yoga, renang dan fitnes. Tiga olahraga ini dipercaya mampu mengurangi risiko jangka panjang terkena penyakit kritis, selain juga memberikan efek yang baik terhadap stamina.

 

Hal lain yang juga perlu diperhatikan, yakni ragam pilihan makanan yang dikonsumsi. Dalam keseharian, mulailah hari dengan sarapan tinggi protein. Kemudian, perbanyak konsumsi sayuran dan buah, terutama yang kaya vitamin dan serat. Makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak baik juga perlu diperbanyak. Terakhir, hindarilah mengkonsumsi makanan mengandung bahan pengawet seperti sosis, nugget, makanan kaleng, minuman instan serta makanan cepat saji.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.