Nasional

10/1/2019, 09.36 WIB

Debat Capres Tanpa Perdebatan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelenggarakan debat calon presiden (capres) dan calon wakli presiden (cawapres) pada 17 Januari mendatang. Namun penyelenggaraan debat kali ini berbeda dengan pemilihan presiden (pilpres) sebelumnya.

Sebelum debat berlangsung, KPU akan memberikan kisi-kisi pertanyaan kepada kedua pasangan calon. KPU beralasan, pemberian kisi-kisi agar para kandidat dapat lebih menguasai materi yang akan disampaikan. Selain itu, KPU tidak memfasilitasi penyampaian visi dan misi para kandidat.

Dalam debat pertama tersebut akan mengambil tema mengenai hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Mantan jurnalis SCTV Ira Koesno dan wartawan TVRI Imam Priyono ditunjuk sebagai moderator debat. Ira sebelumnya pernah menjadi moderator debat pemilihan gubernur DKI Jakarta pada 2017.

Enam tokoh di bidang hukum dan HAM yang akan menjadi panelis antara lain: Agus Rahardjo (Ketua KPK), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Bagir Manan (Mantan Ketua Mahkamah Agung), Bivitri Susanti (Pendiri Pusat Studi Hukum & Kebijakan Indonesia), Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum Internasional UI), Margarito Kamis (Ahli Hukum Tata Negara).