Asosiasi Klaim Ekspor Mebel Melejit Berkat Permintaan dari Eropa

Dimas Jarot Bayu
9 Maret 2018, 15:08
mebel kayu jati
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Pekerja menyelesaikan pembuatan kerajinan dari limbah mebel kayu jati di sebuah industri rumahan di Desa Klampok, Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (24/11).

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) mengklaim nilai ekspor industri mebel pada 2017 mencapai US$ 2 miliar atau setara Rp 27 triliun. Angka ini meningkat US$ 400 juta dibandingkan nilai ekspor pada 2016 lalu yang hanya sebesar US$ 1,607 miliar.

"Ekspor kami sekitar US$ 2 miliar," kata Ketua HIMKI Soenoto di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat (9/3).

Menurut Soenoto, ekspor mebel dari Indonesia meningkat karena tingginya penjualan ke berbagai negara di Eropa dan Amerika. Dia menyebutkan jika ekspor terbesar disumbangkan dari negara Belanda dan Jerman. "Paling besar ekspor ke Eropa," kata Soenoto.

Soenoto menilai, sebenarnya nilai ekpor ini dapat lebih baik lagi ke depannya. Sebab, selama ini baru dua kementerian saja yang mendukung ekspor industri mebel, yakni Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan.

(Baca juga: Usai Ditegur Jokowi, Mendag Menaikkan Target Ekspor Jadi 11%)

Menurutnya, seluruh kementerian punya keterkaitan dengan industri mebel. Karenanya, jika seluruh kementerian terintegrasi mendorong ekspor dari industri mebel maka pertumbuhannya diprediksi mencapai 15 kali lipat.

"Coba tolong sebutin kementerian mana yang tidak berkaitan? Bahkan Kemenkumham, itu Lembaga Pemasyarakatan bisa digerakkan untuk membuat kerajinan dan mebel," kata Soenoto.

Adapun, Soenoto meminta agar pemerintah dapat memberikan insentif untuk mendorong ekspor, di antaranya dengan bantuan penyederhanaan regulasi maupun pemberian dana sponsor.

"Tapi yang paling kami butuhkan adalah bantuan regulasi yang menyegarkan terhadap pertumbuhan industri furnitur dan mebel," kata dia.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...