Tak Menguntungkan, Dua Gerai Hypermart Ditutup

Yuliawati
Oleh Yuliawati - Pingit Aria
12 Juli 2017, 11:29
Hypermart
Arief Kamaludin/ Katadata

PT Matahari Putra Prima Tbk menutup dua gerai Hypermart yang dianggap tak menguntungkan. Perusahaan menganggap penutupan gerai sebagai proses normal dalam menjalankan bisnis.

“Sampai saat ini ada dua gerai yang tutup karena berbagai faktor seperti lokasi yang sudah tidak mendukung,” kata Sekretaris Perusahaan Danny Kojongian kepada Katadata, Selasa (11/7).

Danny mengatakan penutupan gerai ini menimbulkan dampak pemutusan hubungan kerja (PHK). Namun, dia tak menjelaskan detail jumlah karyawan yang terkena PHK.

“Gerai yang tidak memberikan kontribusi positif pada akhirnya dapat berujung pada penutupan gerai dengan dampak langsung pada pengurangan tenaga kerja sebagai hal yang tidak dapat dihindari,” kata Danny.

(Baca:  Nasib Merana Pegawai Hingga Tukang Parkir 7-Eleven Jelang Kebangkrutan)

Danny menjelaskan penutupan gerai ini sebagai proses normal sebuah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Dia menjelaskan selama ini Matahari berfokus pada prinsip productivity, performance, dan efficiency (PPE) untuk mencapai tingkat maksimal antara kinerja dan effisiensi.

“Oleh sebab itu, banyak aspek termasuk tenaga kerja, yang akan mengalami tingkat kenaikan atau penurunan sejalan dengan dinamika yang berjalan,” kata Danny.

Meski menutup dua gerai Hypermart, Danny menjelaskan Matahari masih berekspansi membuka gerai-gerai baru multi-format, tidak hanya Hypermart, namun juga Foodmart, SmartClub & Boston HBC. “Ekspansi ini secara keseluruhan akan banyak menyerap tenaga kerja baru, seperti yang sudah terjadi dalam 14 tahun terakhir,”kata dia.

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...