Riset: Efektivitas Sinovac Bertahan Hanya 6 Bulan, Perlu Booster

Yuliawati
Oleh Yuliawati
27 Juli 2021, 13:34
Sinovac, booster, vaksin virus corona
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Sinovac kepada warga saat mobil vaksin keliling singgah di Kantor Kelurahan Cipedak, Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Riset menunjukkan antibodi yang dihasilkan dari penyuntikan dua dosis vaksin Covid-19 Sinovac akan menurun setelah enam bulan. Hasil studi menyebutkan, dosis ketiga vaksin virus corona sebagai booster akan meningkatkan kembali kekebalan tubuh.

Penurunan kekuatan sistem imun tersebut dilaporkan dari hasil temuan para peneliti vaksin Sinovac di Tiongkok yang dipublikasikan pada Minggu (25/7). Penelitian melibatkan 540 orang dengan rentang usia 18-59 tahun. Responden ini dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu penerima dosis tinggi, dosis sedang, dan plasebo.

Efikasi vaksin Sinovac untuk dua dosis sebesar 65,3%. Responden yang mendapatkan dua dosis suntikan Sinovac, ketika antibodi diperiksa pada dua pekan menjadi 35,2%. Adapun responden yang diperiksa pada empat pekan kemudian menjadi 16,9%.

Sedangkan peserta yang menerima dosis ketiga sebagai booster yang disuntikkan sekitar enam bulan setelah dosis kedua, antibodi mereka meningkat tiga sampai lima kali lipat.

Studi kolaborasi yang dilakukan oleh peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Jiangsu, Fudan University, dan Sinovac ini menyebutkan perlu penelitian lebih lanjut untuk menguji durasi antibodi setelah suntik dosis ketiga.

Penelitian ini tidak menguji efek antibodi terhadap varian Covid-19 yang lebih menular. Saat ini varian Delta yang lebih menulai telah menyebar hampir seluruh dunia. 

Penelitian berbeda yang dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Thammasat dan Pusat Nasional untuk Rekayasa Genetika dan Bioteknologi Thailand pun menyatakan hasil yang serupa. Tingkat antibodi menurun 50% setelah 40 hari dari penyuntikkan dosis kedua, dilansir dari Bangkok Post, Selasa (13/7).

Riset yang dilakukan di Thailand itu melibatkan 500 orang yang telah menerima dua dosis vaksin Sinovac. Penelitian tersebut memaparkan bahwa tingkat antibodi orang yang telah menerima vaksinasi dosis kedua akan menurun setelah 60 hari.

Penelitian masih berkutat pada efektivitas vaksin terhadap strain asli dari virus Covid-19, belum menyentuh pada varian-varian baru yang penularannya lebih cepat.

Di Indonesia, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pernah menyebutkan durasi antibodi dari dua dosis Sinovac hanya bertahan untuk 12 bulan. Menkes mendorong para tenaga kesehatan Indonesia hendak menjalani vaksinasi dosis ketiga menggunakan Moderna.


Penyumbang bahan: Akbar Malik Adi Nugraha

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...