Kemenkes: 14 Kasus Hepatitis Akut dan Enam Anak Meninggal

Image title
18 Mei 2022, 14:23
hepatitis akut
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Dokter Puskesmas Kecamatan Lohbener memeriksa kesehatan sejumlah anak dalam rangka pencegahan penyakit hepatitis akut di Desa Pamayahan, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (14/5/2022).

Kementerian Kesehatan mencatat terdapat 14 dugaan hepatitis akut pada anak per Rabu (18/5). Dari jumlah tersebut, terdapat 13 kasus berstatus pending klasifikasi dan satu kasus probable.

Hingga Selasa, terdapat 27 kasus dugaan hepatitis akut, tapi sebanyak 13 pasien dinyatakan bukan hepatitis akut setelah hasil tes laboratorium keluar per hari ini.

Advertisement

"Sehingga kasus hepatitis di Indonesia hingga hari ini tercatat sebanyak 14 kasus yang masuk ke dalam klasifikasi probable dan pending," kata Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Mohammad Syahril pada konferensi pers Kementerian Kesehatan hari ini.

Dari jumlah tersebut enam pasien meninggal dunia. Pasien yang meninggal ini tidak sedang terinfeksi Covid-19 ataupun memiliki komorbid. Pasien mengalami kematian karena terlambat menerima fasilitas kesehatan.

"Dari 14 pasien yang meninggal enam orang, kemudian yang masih dirawat ada empat, sedangkan yang sudah dipulangkan atau sembuh empat," Kata Syahril.

Dari 14 kasus tersebut, satu pasien probable telah dinyatakan meninggal dan tiga belas pasien lainnya masih menunggu hasil pemeriksaan. Kasus tersebut berasal dari DKI Jakarta tujuh kasus, Jawa Timur (3), Jambi (1), dan Sumatera Utara dan Barat (2).

"Kelompok umur yang terbanyak adalah di bawah lima tahun sebanyak tujuh orang, dan separuhnya dalam rentang usia 6-16 tahun," kata Syahril.

Halaman:
Reporter: Dudi Sholachuddin Triambudi
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement