Luhut Angkat Rachmat Kaimuddin Jadi Plt Deputi Transportasi

Andi M. Arief
30 Mei 2022, 16:35
Luhut, Rachmat Kaimuddin
Kemenko marvest
Mantan CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan, Senin (03-01-2022).

Mantan CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin kini menjabat sebagai Plt Deputi Transportasi dan Infrastruktur di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). Kementerian yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan itu menilai latar belakang Rachmat dapat mendukung program transportasi dan infrastruktur di Kemenko Marves.

"Sebagai Plt Deputi Transportasi dan Infrastruktur, Pak Rachmat kan punya latar belakang pendidikan, networking, dan profesi yang bermanfaat untuk mendukung program-program kerja di Kemenko (Marves)," kata Juru Bicara Kemenko Marves Joi Mahardi kepada Katadata.co.id, Senin (30/5).

Sebelumnya, Rahmat ditunjuk menjadi penasihat khusus Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan. Rachmat membantu Luhut dalam proyek pemerintah dalam pengembangan teknologi berkelanjutan.

Luhut menyebutkan salah satu proyek pemerintah yang membutuhkan keahlian Rachmat yakni di Kawasan Industri Hijau Indonesia di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Pada 21 Desember lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking di proyek tersebut. Pada sebuah kesempatan Luhut menyebut nilai investasi proyek tersebut mencapai US$ 24 miliar atau sekitar Rp 343 triliun.

Rachmat telah banyak berkiprah di bidang teknologi, selain PT Bukalapak.com Tbk. Rachmat mundur dari Bukalapak pada 28 Desember 2021.

Rachmat menjabat sebagai CEO Bukalapak sejak Desember 2019 atau menjabat selama dua tahun setelah menggantikan pendiri Bukalapak Achmad Zaky.

 Rachmat sempat menempuh studi di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Boston, pada 1998-2001 dengan mengambil jurusan teknik elektro. Rachmat juga sempat menyabet gelar MBA dari Stanford University, California pada 2006-2008.

Lulus kuliah pada 2001, Rachmat bekerja di salah satu perusahaan chip sebagai design engineer. Pada 2003, Rachmat memutuskan kembali ke Indonesia dan memulai karier sebagai konsultan yang berfokus pada sektor telekomunikasi dan keuangan di Boston Consulting Group Jakarta.

Setelahnya, Rachmat mengisi jabatan penting di sejumlah perusahaan seperti Managing Director di PT Cardig Air Services pada 2009. Cardig merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, agensi, perwakilan, jasa, transportasi, dan industri.

Kemudian, Rachmat menjabat sebagai Vice President di Baring Private Equity Asia pada 2021, Chief Financial Officer alias CFO di PT Bosowa Corporindo pada 2014, hingga menjadi Managing Director PT Semen Bosowa Maros pada 2016.

Pada 2018 Rachmat sempat menjadi Direktur Keuangan dan Perencanaan di PT Bukopin Tbk. Empat tahun sebelumnya dia sudah menghuni kursi Komisaris di Bank Bukopin. Hingga pada 2020, Rachmat resmi bergabung di Bukalapak.

 

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait