Luhut Angkat Rachmat Kaimuddin Jadi Plt Deputi Transportasi

Andi M. Arief
30 Mei 2022, 16:35
Luhut, Rachmat Kaimuddin
Kemenko marvest
Mantan CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan, Senin (03-01-2022).

Mantan CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin kini menjabat sebagai Plt Deputi Transportasi dan Infrastruktur di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). Kementerian yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan itu menilai latar belakang Rachmat dapat mendukung program transportasi dan infrastruktur di Kemenko Marves.

"Sebagai Plt Deputi Transportasi dan Infrastruktur, Pak Rachmat kan punya latar belakang pendidikan, networking, dan profesi yang bermanfaat untuk mendukung program-program kerja di Kemenko (Marves)," kata Juru Bicara Kemenko Marves Joi Mahardi kepada Katadata.co.id, Senin (30/5).

Sebelumnya, Rahmat ditunjuk menjadi penasihat khusus Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan. Rachmat membantu Luhut dalam proyek pemerintah dalam pengembangan teknologi berkelanjutan.

Luhut menyebutkan salah satu proyek pemerintah yang membutuhkan keahlian Rachmat yakni di Kawasan Industri Hijau Indonesia di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Pada 21 Desember lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking di proyek tersebut. Pada sebuah kesempatan Luhut menyebut nilai investasi proyek tersebut mencapai US$ 24 miliar atau sekitar Rp 343 triliun.

Rachmat telah banyak berkiprah di bidang teknologi, selain PT Bukalapak.com Tbk. Rachmat mundur dari Bukalapak pada 28 Desember 2021.

Rachmat menjabat sebagai CEO Bukalapak sejak Desember 2019 atau menjabat selama dua tahun setelah menggantikan pendiri Bukalapak Achmad Zaky.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...