Hendak Bertemu Xi Jinping, Jokowi Dijemput Limosin Termahal di Cina

Rizky Alika
26 Juli 2022, 15:10
Jokowi, Xi Jinping
ANTARA FOTO/Bayu Prasetyo
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping (kanan) saat pertemuan bilateral disela-sela menghadiri KTT One Belt One Road di Gedung Great Hall of the People, Beijing, Minggu (14/5/2017).

Presiden Joko Widodo telah tiba di Beijing Capital International Airport, Beijing, Cina pada Senin (24/7) malam waktu setempat. Saat tiba di bandara, Jokowi disambut dengan hangat oleh pejabat dan dijemput dengan mobil limosin termahal di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Jokowi mengunjungi Beijing untuk bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping. Keduanya akan membahas penguatan kerja sama pada bidang perdagangan dan investasi. 

Saat mendarat, Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Cina Wu Jiang Hao, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI Beijing Djauhari Oratmangun, dan Atase Pertahanan Republik Indonesia di Beijing Marsma Bayu Hendra Permana.

 Selanjutnya, Jokowi dan Iriana menuju ke Diaoyutai State Guesthouse menggunakan Limosin Hongqi seri Luxury L5. Mobil tersebut dibanderol harga setara US$ 800 ribu atau sekitar Rp 11,9 miliar. Limosin itu sekelas dengan mobil mewah Rolls-Royce.

Adapun, Hongqi L5 merupakan mobil resmi negara Cina yang digunakan Partai Komunis Cina. Mobil itu hanya dipasarkan di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Agenda Jokowi bertemu dengan Xi Jinping dan Perdana Menteri Cina Le Kiqiang akan digelar pada Selasa (26/7) sore di Beijing.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...