Setop Impor Aspal 2024, Jokowi Ajak Pengusaha Investasi di Pulau Buton

Andi M. Arief
11 Oktober 2022, 12:23
Jokowi, aspal. Buton
Sekretariat Kabinet RI
Jokowi mengendakan baju adat Buton pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77.

Presiden Joko Widodo mendorong investor membangun industri aspal di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Pemerintah berencana menghentikan impor aspal mulai 2024 dan mendorong hilirisasi dalam negeri.

Kepala Negara mencatat cadangan aspal di Pulau Buton mencapai 662 juta ton, sedangkan kebutuhan aspal nasional hanya mencapai 5 juta ton. Adapun Kementerian Investasi atau BKPM mencatat produksi aspal di dalam negeri saat ini hanya 100.000 ton.

Advertisement

"Aspal impor pun lebih murah, sehingga 95% aspal saat ini impor. Dua tahun lagi stop yang namanya impor aspal, semua aspal harus dipasok dari Pulau Buton. Ini kesempatan bagi bapak ibu semuanya kalau ingin investasi," kata Presiden Jokowi di BNI Investor Daily Summit 2022, Selasa (11/10).

Jokowi menyatakan investasi pembangunan industri aspal di dalam negeri memiliki prospek yang tinggi.  Dengan kebutuhan dalam negeri yang masih kecil, Jokowi menilai sebagian hasil produksi aspal dapat dijual ke pasar ekspor.

Presiden Widodo menghitung Pulau Buton dapat memasok kebutuhan aspal domestik hingga 120 tahun ke depan, dengan hitungan tingkat konsumsi saat ini.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah akan mulai memanfaatkan pasokan aspal dari dalam negeri. Oleh karena itu, Bahlil berencana untuk memompa investasi ke industri aspal dalam waktu dekat.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement