Mau Fokus Bantu Anies, Sudirman Said Mundur dari TransJakarta dan PMI

Yura Syahrul
11 November 2022, 18:24
Anies Baswedan
Arief Kamaludin|KATADATA
Mantan Menteri ESDM Sudirman Said.

Sudirman Said memutuskan mengakhiri masa tugasnya di dua jabatan publik. Sudirman meninggalkan jabatan publik agar fokus membantu Anies Baswedan yang berencana maju dalam Pemilihan Presiden 2024. 

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada masa pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini memutuskan mengundurkan diri dari posisi Komisaris Utama TransJakarta dan  nonaktif sebagai Sekretaris Jendral Palang Merah Indonesia (PMI).

Advertisement

“Saya sudah menyampaikan secara lisan dan melalui surat kepada Pak Gubernur (Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono) perihal pengunduran diri ini (Komisaris TransJakarta),” kata Sudirman di Jakarta, Jumat (11/11).

Menurut dia, Heru sebenarnya berharap Sudirman bisa terus bertahan di TransJakarta. Namun, Sudirman ingin menjaga etik dan potensi benturan kepentingan karena saat ini dia mulai membantu mantan Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan yang diusung sebagai calon presiden untuk tahun 2024 mendatang.

Peresmian pengunduruan dirinya sebagai komisaris utama akan menunggu rapat umum pemegang saham (RUPS) Trans Jakarta. “Resminya setelah nanti ditemukan pengganti saya.”

Tak cuma sebagai Komisaris Utama Trans Jakarta, Sudirman juga memutuskan nonaktif dari Sekjen PMI. Hal ini menindaklanjuti surat edaran dari Ketua PMI Jusuf Kalla yang meminta pengurus dan staf PMI untuk nonakfif apabila ingin mencalonkan diri dalam pemilihan umum (Pemilu) mendatang.

Keputusan tersebut juga sudah disampaikan Sudirman kepada Jusuf Kalla. Sebenarnya, mantan Wakil Presiden tersebut tidak mempermasalahkan posisi Sudirman saat ini karena tidak mencalonkan diri untuk jabatan politik. “Tapi saya lebih baik nonaktif lebih awal agar PMI tidak ada beban,” kata Sudirman.

Selanjutnya, Sudirman akan fokus membantu Anies Baswedan yang berencana mencalonkan diri sebagai presiden dalam Pemilu 2024. Pria yang sempat ikut kontestasi pemilihan kepala daerah Jawa Tengah ini memang dikenal dekat dan termasuk lingkaran dalam tim sukses Anies.

NasDem resmi mencalonkan Anies sebagai bakal calon presiden sejak awal Oktober lalu. Namun, langkah ini belum berjalan mulus. Pencalonan Anies belum mendapat dukungan dari partai politik lain. 

Halaman:
Reporter: Yura Syahrul
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement