Surya Paloh Tanggapi Santai Potensi Jokowi Dukung Prabowo dan Ganjar

Ade Rosman
10 Maret 2023, 19:20
Presiden Joko Widodo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat panen di Kebumen, Jateng, Kamis (9/3).
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat panen di Kebumen, Jateng, Kamis (9/3).

Pertemuan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi mendapat sorotan banyak pihak, dikaitkan dengan Pemilu 2024. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menilai sebagai sesuatu yang wajar bila muncul persepsi Presiden Jokowi memberikan dukungan terhadap Prabowo dan Ganjar pada Pilpres 2024.

“Bagus saja lah, dipromosi sama Presiden masa enggak bagus?” kata Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, Jumat (10/3).

Kabar Jokowi mendukung pasangan Prabowo dan Ganjar menguat ketika ketiganya tampak mesra dalam agenda panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3). Sekretariat Presiden membagikan foto ketiganya di tepi sawah. Tampak Jokowi dan Prabowo kompak mengenakan kemeja putih dan Ganjar berseragam dinas cokelat.

Ganjar Pranowo turut mengunggah foto bersama dengan Jokowi dan Prabowo di media sosial. Dia menyebut Indonesia siap menjadi lumbung pangan dunia.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Sadarestuwati meminta agar pertemuan di antara Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak dimaknai berlebihan. Dia menyebut pertemuan antara ketiga tokoh merupakan hal biasa..

"Jangan dimaknai terlalu berlebihan. Apalagi dikait-kaitkan dengan Pilpres," kata Sadarestuwati saat dihubungi Jumat (10/3).

Lebih jauh ia menyebut kunjungan Jokowi ke Kebumen Jawa Tengah merupakan kunjungan kerja sebagai Kepala Negara. Sedangkan Ganjar merupakan Gubernur Jawa Tengah yang menjadi tempat kedatangan Jokowi. Adapun Prabowo merupakan menteri di kabinet Jokowi - Ma’ruf Amin yang bertugas membantu presiden. 

Peluang Duet Ganjar - Prabowo di Pilpres 

Sebelumnya, pengamat politik dari Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai Ganjar dan Prabowo berpeluang diduetkan pada pemilihan presiden 2024. Ia menyebut pertemuan ketiga tokoh bisa saja bermakna penjajakan kepada masyarakat. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...