Mangkunegaran Pernah Jadi Pusat Peradaban di Asia dan Global

Patricia Yashinta Desy Abigail
20 Maret 2023, 12:40
Katadata CEOs Mangkunegaran Royal Dinner pada Minggu (19/3).
Katadata (Courtesy of BNI)
Katadata CEOs Mangkunegaran Royal Dinner pada Minggu (19/3).

Perayaan hari jadi Pura Mangkunegaran ke-266 diakhiri dengan acara Katadata CEOs Mangkunegaran Royal Dinner pada Minggu (19/3). Dalam acara tersebut, para tamu undangan spesial menikmati makan malam di Restoran Pracima Tuin.

Setelah makan malam, para tamu undangan yang hadir keluar dari restoran dan berkumpul di Pracimaloka untuk menyaksikan pembacaan Serat Tripama dari naskah Anggitan Dalem Mangkunegaran IV. Sebelum pembacaan, CEO Katadata Metta Dharmasaputra memberikan sambutan kepada para tamu undangan.

Advertisement

Metta mengatakan perayaan hari jadi Pura Mangkunegaran digelar dengan berbagai serangkaian acara. Berbagai acara tersebut yakni acara lari bersama yang melibatkan sekitar 20 ribu orang, festival kuliner, festival musik, serta yang terakhir yaitu Royal Diner.

"Tentu kami upayakan menjadi agenda tahunan pastinya atas perkenaan dari Sri Paduka Mangkunegara X," kata Metta Dharmasaputra dalam acara Royal Diner di Solo, Minggu (19/3).

Metta mengatakan bukan sebuah kebetulan bahwa ada kaitan antara peringatan Adeging Pura Mangkunegaran dengan road to Asean Summit 2023. Berdasarkan sejarahnya, sejak 200 tahun lalu Mangkunegaran telah menjadi pusat peradaban di kawasan Asia dan global bahkan mendahului restorasi Meiji.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Yuliawati

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement