Beda dengan PKS, Demokrat Tutup Peluang Sandiaga Jadi Cawapres Anies

Ade Rosman
9 Mei 2023, 16:55
Sejumlah pendukung bakal Calon Presiden Anies Baswedan mengikuti deklarasi Relawan Amanat Indonesia (Anies) di Tenis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (7/5/2023).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Sejumlah pendukung bakal Calon Presiden Anies Baswedan mengikuti deklarasi Relawan Amanat Indonesia (Anies) di Tenis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (7/5/2023).

Partai Demokrat menutup kemungkinan memasangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan.

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, jalan politik Sandiaga bertolak belakang dengan apa yang diamini oleh partainya.

Herzaky mengungkit Pilpres 2019 lalu, ketika itu Demokrat mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Namun, kemudian Sandiaga memilih bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Langkah itu sebagai titik awal perbedaan jalan politik dengan Partai Demokrat.

“Kami menghormati mas Sandi karena pernah berjuang bersama di Pilpres 2019. Hanya, kalau berjuang kembali di 2024, sepertinya berat,” kata Herzaky, saat dihubungi, Selasa (9/5).

Selain itu, Herzaky mengatakan terdapat perbedaan visi politik di antara Sandiaga dan Partai Demokrat. Menurutnya, saat ini Sandi yang tengah menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin berbeda dengan Partai Demokrat yang menginginkan perubahan.

“Sosok capres-cawapres Koalisi Perubahan seharusnya merupakan representasi perubahan, bukan titipan presiden Jokowi, LBP, ataupun bagian dari status quo, siapapun itu,” katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...