Pengusung Anies Godok Cawapres, Buka Peluang Orang Dekat Jokowi

Ade Rosman
16 Mei 2023, 15:35
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa para relawan saat peresmian relawan IndonesiAnis di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Selasa (2/11/2022).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa para relawan saat peresmian relawan IndonesiAnis di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Selasa (2/11/2022).

Partai pengusung bakal calon presiden Anies Baswedan menggodok sosok yang bakal menjadi calon wakil presiden atau cawapres. Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa, mengatakan partainya tidak keberatan dengan siapapun yang menjadi pendamping Anies, termasuk kemungkinan orang dekat Jokowi.

Saan mengatakan NasDem sebagai pengusung menyerahkan sepenuhnya pilihan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. "Apakah itu dari eksternal, internal, apakah itu orangnya Jokowi, kami sekali lagi sudah menyerahkan sepenuhnya ke pak Anies," kata Saan kepada wartawan, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/5).

Anies didukung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Saat ini ada lima nama yang sedang digodok sebagai calon pendamping Anies pada Pemilu 2024. Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim mengatakan, kelima kandidat tersebut merupakan hasil rekomendasi bersama partai politik pendukung Anies, dan rencananya nama cawapres akan ditetapkan pada Juli 2023.

"Lima kandidat itu sudah, dan sedang dibicarakan di koalisi," kata Hermawi saat dihubungi, Jumat (5/5).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...