Diperiksa KPK, Kadinkes Lampung Mengaku Sudah Melaporkan Seluruh Harta

Yuliawati
Oleh Yuliawati
22 Mei 2023, 16:57
Kadinkes Lampung Reihana menjalani pemeriksaan kedua kali di KPK.
Instagram/@dinkeslampung
Kadinkes Lampung Reihana menjalani pemeriksaan kedua kali di KPK.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau SF Hariyanto dan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana untuk memberikan klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Usai menjalani pemeriksaan, Reihana mengatakan sudah melaporkan seluruh harta kekayaannya dalam LHKPN.

"Sudah saya laporkan semua," kata Reihana di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (22/5).

Advertisement

Reihana menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung selama 14 tahun. Dia terakhir kali melaporkan kekayaannya dalam LHKPN pada 16 Februari lalu, untuk periode 2022. Dalam laporan ini tertulis harta Reihana mencapai angka Rp 2,7 miliar. Ini terdiri dari tanah dan bangunan, mobil, harta bergerak lainnya, serta kas dan setara kas.

Pemanggilan Reihana ke KPK hari ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, dia pernah dipanggil terkait klarifikasi LHKPN miliknya pada Senin (8/5). Dalam pertemuan kedua ini, dia menjalani klarifikasi selama tiga jam, mulai pukul 09.00 WIB dan selesai sekitar pukul 12.27 WIB.

Sebelumnya, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan klarifikasi LHKPN milik Reihana akan dilakukan setelah melihat hasil pengumpulan data oleh lembaga antirasuah.

Pahala mengatakan KPK telah mengirimkan tim ke Lampung untuk mengumpulkan informasi lapangan mengenai harta kekayaan Reihana. "Kami lihat dulu hasil Lampung-nya, baru undang lagi beliau (Reihana), ya. Kemarin sudah tim berangkat ke sana, sekalian kumpulkan informasi dari lapangan," kata Pahala saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (19/5).

Reihana menjadi sorotan karena kerap memamerkan tas mewah di media sosial. Kasus Reihana menjadi perhatian publik lantaran bersamaan dengan viralnya kondisi jalan rusak di Lampung. Sebagian masyarakat menilai sikap Reihana bertolak belakang dengan kondisi infrastruktur masyarakat yang buruk.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement