40 Ribu Tiket Formula E Jakarta 2023 Habis Terjual

Yuliawati
Oleh Yuliawati
2 Juni 2023, 15:10
Foto udara suasana dari lintasan jelang balap Formula E 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Selasa (9/5/2023).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Foto udara suasana dari lintasan jelang balap Formula E 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Selasa (9/5/2023).

Tiket balapan Formula E Jakarta 2023 yang digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (3/6) dan Minggu (4/6) sudah ludes terjual. Sebanyak 40 ribu penonton akan memadati sirkuit Formula E.

"Ludesnya tiket menunjukkan tingginya antusias masyarakat terhadap balapan Formula E," kata Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (2/6).

Indonesia mendapat kepercayaan menyelenggarakan balapan Formula E pada 2022, tahun ini, dan berlanjut tahun depan. Rencananya, balapan tahun depan digelar tanggal 8 Juni 2024.

Dia menilai panitia berhasil mengemas ajang balap mobil listrik bergengsi ini. "Hasilnya, Indonesia kembali dipercaya untuk menggelar satu seri balapan Formula E oleh Formula E Operation (FEO) pada 2024," kata Iwan.

Selain menyaksikan balapan Formula E, para pemilik tiket juga akan disuguhkan dengan konser musik dari artis papan atas Indonesia dan internasional.

Beberapa artis yang akan tampil diantaranya, Alan Walker, DJ Sergio Berlino, Sam Feldt, DJ KK, Onnie N Friends, Ari Lasso, Rossa, Judika, Slank, Winky Wiryawan, RAN, Cakra Khan, Lyodra, Kla Project, Lea Simanjuntak, Momo Geisha, Angel Pieters, Angger Dimas, serta DJ Yasmin.

Balapan Formula E tahun ini pun akan digelar sebanyak dua kali, mulai 3 - 4 Juni 2023. Pada Sabtu (3/6), balapan akan diselenggarakan sebanyak 36 lap. Sementara, pada Minggu (4/6), para pembalap akan bersaing dalam 38 lap.

Advertisement

Tantangan Formula E di Jakarta

Formula E Jakarta atau Jakarta E-prix yang akan menantang para pebalap dengan dua kali balapan atau dua seri. Perwakilan tim balap dunia menyatakan tantangan dalam balapan Formula E di Jakarta, mulai dari cuaca yang terik hingga kesiapan kondisi fisik dan mental para pebalap.

Direktur Tim Jaguar TCS Racing James Barclay dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, mengatakan persiapan kondisi mobil dan pebalap sama pentingnya.

“Kami perlu memastikan perlengkapan semuanya ada, lengkap, dan coba kita maksimalkan (dalam balapan),” kata Barclay.

Strategi dan kekompakan tim, lanjut dia, akan menjadi kunci dari balapan mendatang di Sirkuit Jaya Ancol Jakarta tersebut. Terlebih, balapan kedua ia nilai akan menjadi lebih berat daripada balapan pertama di hari Sabtu.

“Persiapan di balapan kedua sepertinya akan menjadi lebih sulit karena tim hanya punya waktu beberapa jam saja untuk mempersiapkan diri dengan baik,” ujar Barclay.

“Sementara dari segi tim tentu akan ada peningkatan performa dan akan dimaksimalkan. Pasti akan ada beberapa hal lainnya yang bisa kami perbaiki lebih lanjut,” imbuhnya.

Direktur Teknis tim balap DS PENSKE Nicolas Mauduit menilai kekompakan tim adalah amunisi utama untuk balapan mendatang.

“Pertama-tama kami senang sekali bisa kembali ke Jakarta dengan atmosfer dan penggemar di sini. Namun, ada tantangan untuk mengatur pekerjaan kami untuk dua balapan sekaligus. Maka dari itu, kami di tim akan terus bekerja sama dengan solid,” kata Mauduit.

“Tim pabrikan berjuang keras untuk bersaing dengan para kompetitor yang juga terus memberikan pembaruan maksimal untuk mobil masing-masing. Dengan kesiapan dari teknisi dan kesempatan yang diberikan untuk saling menyesuaikan diri, kami akan berusaha memberikan performa terbaik di Jakarta,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, balapan di Jakarta akhir pekan ini juga menandai balapan ke-100 dari tim DS Automobile di ajang balap mobil listrik tersebut. Mauduit pun mengapresiasi pekerjaan para talenta yang terlibat di dalamnya hingga edisi ke-9 dari Formula E ini.

“Ini akan menjadi balapan ke-100 dari tim kami di Formula E. Saya mengucapkan selamat untuk pencapaian tersebut, dan saya pikir tim telah melakukan pekerjaan yang baik. Saya berekspektasi tim dapat memberikan balapan yang kuat di Jakarta dengan semangat ini,” kata dia.

 

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait