Jokowi: Bandara Ewer Dorong Ekonomi di Asmat Makin Berkembang

Andi M. Arief
6 Juli 2023, 12:05
Pesawat tujuan Timika terbang dari Bandara Ewer di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Rabu (31/5/2023).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Pesawat tujuan Timika terbang dari Bandara Ewer di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Rabu (31/5/2023).

Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Kamis (6/7). Kepala Negara menilai bandara tersebut akan mengembangkan ekonomi khususnya industri pariwisata di Kabupaten Asmat, Papua Selatan.

Jokowi mengatakan konektivitas antar wilayah akan mempercepat mobilitas orang dan barang. Selain itu, konektivitas akan membuka isolasi sebuah wilayah.

"Kami ingin dengan selesainya Bandara Asmat ini, Asmat semakin berkembang dan maju dan kita harapkan ekonomi di Kabupaten Asmat di Provinsi Papua Selatan secara umum akan semakin baik dan semakin meningkat,” kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (6/7).

Jokowi mencatat keberadaan Bandara Ewer telah meningkatkan konektivitas antar wilayah di Papua. Saat ini, telah ada dua penerbangan seminggu dari Timika, empat penerbangan seminggu dari Kamur dan Merauke.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara Ewer dibangun dengan karakteristik etnik dan menjadi gerbang pariwisata ke Papua Selatan. Selain itu, Budi berpendapat Bandara Ewer cukup memenuhi permintaan di Papua Selatan.

Budi menyampaikan Bandara Ewer dapat melayani pesawat transportasi regional atau ATR. Selain itu, landasan pacu Bandara Ewer mencapai 1.650 meter.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...