Penerbangan di Bandara Ewer Asmat Masih Minim, Terhadang Banjir Rob

Andi M. Arief
6 Juli 2023, 12:57
Presiden Joko Widodo berboncengan dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggunakan motor listrik menyapa warga Asmat saat kunjungan kerja di Kampung Kaye, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Kamis (12/4/2022).
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo berboncengan dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggunakan motor listrik menyapa warga Asmat saat kunjungan kerja di Kampung Kaye, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Kamis (12/4/2022).

Kementerian Perhubungan akan meningkatkan frekuensi penerbangan Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan. Selama ini minimnya penerbangan di Bandara Ewer disebabkan oleh banjir rob reguler.

Direktur Jenderal Hubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni menjelaskan Bandara Ewer kerap terendam oleh banjir rob secara reguler sekitar pukul 01.00 waktu setempat. Untuk mengatasinya, pemerintah sedang membangun tanggul di sekeliling Bandara Ewer.

"Ketika tanggul selesai dibangun, Bandara Ewer akan bebas dari banjir rob," kata Maria dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Kamis (6/7).

Dengan pembangunan tanggul mencegah rob, diperkirakan penerbangan reguler bisa bertambah dari empat kali seminggu menjadi sehari sekali. Bandara Ewer ini terletak di antara sungai dan laut yang terletak di Kota Agats, Kabupaten Asmat.

 Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan, hari ini menilai bandara tersebut akan mengembangkan ekonomi khususnya industri pariwisata di Kabupaten Asmat, Papua Selatan.

Jokowi mengatakan konektivitas antar wilayah akan mempercepat mobilitas orang dan barang. Selain itu, konektivitas akan membuka isolasi sebuah wilayah.

"Kami ingin dengan selesainya Bandara Asmat ini, Asmat semakin berkembang dan maju dan kita harapkan ekonomi di Kabupaten Asmat di Provinsi Papua Selatan secara umum akan semakin baik dan semakin meningkat,” kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...