PELANTIKAN WAKIL MENTERI Show
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Image title
Oleh Arief Kamaludin
25 Oktober 2019, 19:48

Foto: Potret Lengkap Wakil Menteri di Kabinet Indonesia Maju

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 12 wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, pada Jumat (25/10) pukul 14.00. Sejak pagi, para wakil menteri ini menghadap Jokowi, kompak berpakaian kemeja putih. 

Para wakil menteri berasal dari beragam kalangan, yakni lima orang berlatar belakang politisi, relawan dan lainnya dari kalangan profesional. Partai yang mendapat jatah wakil menteri yakni PDIP, Golkar, PPP, PSI, dan Perindo.

Wakil menteri itu diberikan untuk 11 kementerian yang ada di Kabinet Indonesia Maju. Berbeda dari yang lainnya Kementerian BUMN yang dipimpin Erick Thohir mendapat dua wakil menteri.

(Baca: Susunan Lengkap 12 Wakil Menteri, Erick Thohir Dapat Jatah Dua Wakil)

Jumlah wakil menteri pada periode kedua ini lebih banyak daripada periode sebelumnya yang hanya tiga orang. Pada periode sebelumnya, Jokowi hanya menunjuk tiga wakil menteri untuk Kementerian Keuangan, Energi dan Sumber Daya Mineral/ESDM, serta Luar Negeri. Namun, jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan periode kedua pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu 18 wakil menteri.

Berikut potret diri para wakil menteri yang diharapkan memperkuat Kabinet Indonesia Maju.

(Lihat Infografik: Periode ke-2 Jokowi, Bertabur Wamen dari Para Pendukung)

 

Editor: Yuliawati