Jokowi Lantik Dirut RNI Jadi Kepala Badan Pangan Nasional Hari Ini

Sebagai Kepala Badan Pangan Nasional yang baru, Arief Prasetyo Adi telah berpengalaman selama lebih 20 tahun di sejumlah industri retail modern.
Image title
21 Februari 2022, 10:49
badan pangan nasional, jokowi, rni, arief prasetyo, gubernur lemhanas
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo (memberikan arahan saat memimpin rapat terbatas (Ratas) di Istana Negara, Jakarta, Senin (29/11/2021).

Pemerintah telah membentuk Badan Pangan Nasional. Selanjutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Direktur Utama (Dirut) PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional.

"Presiden menujuk Arief Prasetyo, Dirut RNI," kata Kepala Sekretriat Presiden Heru Budi Hartono, Senin (21/2). Rencananya, Jokowi akan melantik Arief di Istana Negara, Jakarta, pukul 11.30 WIB, Senin ini (21/2). 

Arief telah berpengalaman selama lebih 20 tahun di sejumlah industri retail modern seperti PT Lotte Shopping Indonesia, PT Hero Supermarket Tbk, dan Esteem Challenge sdn Bhd, Malaysia. Ia menyelesaikan Program Management Trainee dan MIT Fresh Food di Hero Supermarket pada 2001.

Selanjutnya, ia menduduki posisi Dirut PT Food Station Tjipinang Jaya pada periode 2015-2020. Saat ini, Arief menjabat sebagai Dirut PT RNI sejak 16 Nnovember 2020.

Advertisement

Arief juga aktif sebagai Wakil Ketua Dewan Penasehat Kadin DKI 2019-2024 dan Dewan Pakar Perkumpulan Pengusaha Penggilingan Padi Indonesia (Perpadi) periode 2020-2025.

Ia memperoleh gelar Sarjana Teknik Sipil Konstruksi pada 1998 dan Magister Teknik, Manajemen Konstruksi pada 2000 dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Selama kariernya, Arief telah menerima sejumlah penghargaan seperti The Best CEO BUMD 2018, The Best CEO BUMD 2019 dari Top Business – Indonesia Business News – Asia Business Research Center. Kemudian, Top Executive Muslim 2019 dari Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI), The Most Committed GRC Leader 2019, Jakarta Youth Award 2019 dari Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemuda Jakarta.

Selain penghargaan-penghargaan di atas, membawa Food Station mendapatkan ISO 9001 yang menjadi Pedoman Operasional untuk mendapatkan kualitas beras yang baik. Kemudian, Food Station mendapatkan Top Halal 2019 untuk berbagai produk beras merk FS.

Kemudian, Food Station memperoleh piagam penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas rekor perusahaan dalam kemasan dengan pengembangan dan produk tercepat dari Prof. DR. HC. KP. Jaya Suprana. Food Station juga mendapatkan penghargaan dari Menteri Perdagangan pada 2019 dan 2020 sebagai perusahaan yang membantu pemerintah dalam stabilisasi baik pasokan maupun harga bahan pokok.

Selain Kepala Badan Pangan Nasional, Jokowi juga akan melantik Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) yang baru menggantikan Agus Widjojo. Kabarnya, Jokowi akan mengangkat Andi Widjajanto, mantan Sekretaris Kabinet pada masa pertama periode pemerintahan Jokowi.

Editor: Yura Syahrul
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait